Kiprah Perempuan Pemimpin Teknologi di Google

Kompas.com - 18/05/2013, 14:54 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

Dokumentasi Yansen Kamto Yansen Kamto menghadiri konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2013 di San Fransisco, AS, pada 15 sampai 17 Mei 2013

Oleh: Yansen Kamto*

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Menyambung artikel sebelumnya mengenai visi dan misi Google untuk mendorong perubahan, ada beberapa hal yang diprakarsai Google terkait hal ini. Menurut Google, inovasi terjadi salah satunya karena ada upaya kolektif dari berbagai orang yang memiliki latar belakang berbeda-beda, namun mempunyai tujuan yang sama.

Salah satu inisiatif Google untuk perubahan ini adalah Women Techmakers, sebuah program yang mendorong banyak perempuan mumpuni di bidang teknologi untuk tampil ke depan menjadi pemimpin di berbagai bidang.

Dalam sesi berjudul "7 Techmakers and a Microphone", ada tujuh perempuan hebat di bidang teknologi duduk bersama, berbagi pengalaman dan wawasan mereka mengenai bagaimana menjadi pemimpin di perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.

Saya sangat menunggu-nunggu sesi ini, selain karena penasaran dengan para perempuan hebat tersebut, juga karena topiknya yang berbeda dari sesi lain yang umumnya membahas programming secara teknis. Rupanya bukan saya saja yang antusias, karena ruangan acara terisi penuh sampai banyak yang tidak kebagian tempat duduk.

Dokumentasi Yansen Kamto

Sesi ini dibuka oleh Megan Smith, Vice President Google [x] yang bertanggung jawab untuk proyek-proyek moonshot, istilah untuk proyek yang belum terpikirkan ataupun yang dianggap mustahil. Beberapa proyek Google [x] termasuk di dalamnya adalah Google Glass dan self-driving car.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Megan membuka sesi tersebut dengan bercerita mengenai program Women Techmakers, yang salah satu tujuannya adalah menginspirasi lebih banyak perempuan untuk berkontribusi di industri teknologi. Selain Megan, para pembicara lainnya adalah Susan Wojcicki (Senior Vice President untuk Ads & Commerce), Anna Patterson (VP, Knowledge), Johanna Wright (VP, Search and Assist, Android), Jean Wang (Hardware Lead, Glass) dan Diane Greene (Board of Director, Google) serta Kathy Kleiman (Founder, ENIAC Programmers Project).

Dokumentasi Yansen Kamto

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.