Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diimingi Rp 10 Triliun, Tumblr Terima Pinangan Yahoo?

Kompas.com - 20/05/2013, 09:34 WIB

KOMPAS.com Yahoo berencana mengakuisisi situs blogging populer Tumblr. Minggu (19/5/2013) kemarin, sumber yang dikutip The Wall Street Journal melaporkan bahwa jajaran direksi Yahoo telah menyetujui pembelian tunai dengan nilai 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 10,7 triliun itu.

Yahoo diperkirakan bakal mengumumkan akuisisi tersebut pada Senin (20/5/2013) waktu timur Amerika Serikat atau hari Selasa (21/5/2013) waktu Indonesia.

Tumblr disinyalir akan terus beroperasi sebagai bisnis independen setelah dibeli Yahoo. Pendiri sekaligus CEO Tumblr, David Karp, bisa tetap bekerja di Yahoo selama setidaknya empat tahun.

Soal akuisisi tersebut, sikap direksi Tumblr sendiri masih belum jelas, apakah akan menerima "pinangan" dari Yahoo atau tidak. Perusahaan ini ditaksir bernilai 800 juta dollar AS setelah menerima modal ventura senilai 85 juta dollar AS pada akhir 2011.

Pembelian Yahoo atas Tumblr bisa menjadi akuisisi dengan nilai terbesar sejak Yahoo berada di bawah komando Marissa Mayer, pertengahan tahun lalu.

Melalui akuisisi Tumblr, Yahoo akan bergabung bersama raksasa-raksasa internet seperti Google dan Facebook yang menghabiskan dana miliaran dollar AS untuk membeli perusahaan rintisan (startup) digital dalam rangka usaha meningkatkan pertumbuhan.

Facebook tahun lalu membelanjakan 1 miliar dollar AS dalam bentuk uang dan saham untuk membeli Instagram, sementara tujuh tahun lalu Google membeli situs hosting video populer YouTube seharga 1,65 miliar dollar AS dalam bentuk saham.

Mengenai Tumblr, situs blogging ini didirikan pada 2007 silam. Kini Tumblr memiliki 175 karyawan, lebih dari 108 juta blog, dan 117 juta pengguna dari seluruh dunia.

Tumblr sejauh ini masih berhati-hati memasang iklan demi menjaga kenyamanan pengguna. Akan tetapi, situs tersebut diprediksi bisa menghasilkan pemasukan hingga ratusan juta dollar AS per tahun dari iklan.

Apakah Tumblr akan menerima "pinangan" Yahoo? Jawaban dari pertanyaan itu agaknya akan diketahui esok hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com