Dibeli Yahoo, Tumblr Janji Tak Berubah

Kompas.com - 21/05/2013, 10:19 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


KOMPAS.com  Yahoo resmi mengumumkan akuisisi atas Tumblr senilai 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 10,7 triliun dalam bentuk cash. Meski mendapat guyuran uang dalam jumlah luar biasa, pendiri sekaligus CEO Tumblr, David Karp, menyatakan bahwa perusahaan dan situsnya tak bakal berubah.

"Izinkan saya memupus segala kekhawatiran: kami tidak akan berubah menjadi ungu (warna khas Yahoo). Kantor, tim, dan roadmap kami tetap sama. Begitu pun misi kami membantu para kreator menciptakan karya terbaik dan menampilkannya di depan audiens yang layak," tulis Karp dalam blog perusahaannya. "Namun, kini kami punya sumber daya lebih banyak."

Dari sisi Yahoo, CEO Marissa Mayer yang memasang pengumuman di blog Tumblr perusahaan itu juga berjanji tidak akan "mengacau" di Tumblr. Dia mengatakan, Tumblr akan beroperasi secara independen, sementara Karp bakal dipertahankan sebagai CEO.

Dalam sebuah keterangan pers yang dikutip PCWorld, Yahoo menjelaskan bahwa Tumblr dikunjungi lebih dari 300 juta unique visitor tiap bulannya dengan angka sign-up mencapai 120.000 per hari. Sebanyak 900 posting dilakukan penggunanya dalam tiap detik.

Tumblr diharapkan bisa menambah audiens Yahoo sebesar 50 persen menjadi lebih dari 1 miliar pengunjung per bulan. Traffic Yahoo juga diharapkan tumbuh 20 persen.

Khawatir iklan

Melalui pembelianTumblr, Yahoo disinyalir bermaksud menarik pengguna dari demografi 18-24 tahun dan memperluas medium sosial yang dimiliki perusahaan itu. Namun, akuisisi ini membuat pengguna Tumblr khawatir, terutama soal iklan.

"Mereka takut kehilangan kontrol atas interface, privasi, dan kebebasan berekspresi secara umum," ujar analis Gartner Andrew Frank.

Akuisisi ini telah memicu sebagian pengguna Tumblr untuk "membelot" ke platform blogging lain. Pendiri WordPress Matt Mullenweg, misalnya, menjelaskan bahwa angka pengguna yang mengimpor blog dari Tumblr ke WordPress meningkat dari 400-600 per jam menjadi 72.000 per jam setelah berita akuisisi Tumblr mulai beredar. Angka tersebut masih kecil mengingat Tumblr memublikasikan 75 juta posting blog setiap hari.

Yahoo melalui CEO Marissa Mayer telah menyatakan bakal memasukkan lebih banyak iklan ke Tumblr.

"Di Tumblr, ada beberapa tempat yang bisa dijadikan sarana monetisasi. Kami ingin mempelajari bagaimana menaruh iklan di dashboard secara efektif, tetapi tidak mengganggu bentuk dan fungsi dashboard bagi pengguna," ujar Mayer.

Tumblr sendiri baru membuka program untuk iklan mulai bulan Mei tahun lalu. Agar tak mengganggu user experience, iklan hanya ditempatkan di dashboard (news feed), bukan di dalam blog.

Hal itu berpengaruh negatif terhadap pemasukan Tumblr yang hanya mencapai 13 juta dollar AS tahun 2012. Angka itu relatif kecil untuk ukuran jumlah pageviews Tumblr yang diklaim mencapai 18 miliar tiap bulan. Sebagai perbandingan, Facebook menghasilkan pendapatan 5 miliar dollar AS pada tahun yang sama.

Yahoo tak berharap Tumblr bakal serta-merta menghasilkan pemasukan besar dari iklan. Namun, situs ini diharapkan sudah memberi pemasukan signifikan mulai tahun depan melalui bertambahnya iklan, termasuk—seperti yang dikatakan Mayer—di dalam blog dengan seizin pengguna.

 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X