Samsung Gelar Kompetisi Rp 7,8 Miliar

Kompas.com - 21/05/2013, 12:50 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Dokumentasi Samsung Indonesia Samsung Galaxy S4

KOMPAS.com - Samsung menggelar kompetisi bagi developer yang hendak mengembangkan aplikasi untuk smartphone seri Galaxy S4. Total hadiah yang disediakan senilai 800.000 dollar AS (kurang lebih Rp 7,8 miliar).

Dikutip dari PC World, Selasa (21/5/2013), kompetisi yang bertajuk "Smart App Challenge 2013" ini menantang para developer untuk membuat aplikasi dengan menggunakan software pengembang Samsung Chord SDK.

Chord adalah software yang mengizinkan si pengguna untuk membuat aplikasi yang menghubungkan smartphone Samsung via nirkabel (peer-to-peer), tanpa menggunakan server atau jaringan telepon. Peer-to-peer ini mampu membuat smartphone saling berhubungan dengan koneksi Bluetooth. Dengan koneksi ini, pengguna bisa bermain game dan berbagi foto maupun video antar perangkat Samsung yang berbeda.

Selain menggunakan Chord, aplikasi yang dilombakan harus dijual melalui toko digital "Samsung Apps" dan menggunakan API aplikasi Samsung untuk pembelian dalam aplikasi (in-app purchases) dan iklan.

Kompetisi tersebut dimulai dari 20 Juni hingga 31 Agustus 2013. Penjuriannya sendiri akan berlangsung pada bulan November mendatang.

Para juri sendiri akan menilai berdasarkan segi keunikan, desain, dan potensi komersil dari aplikasi.

Total akan ada 10 pemenang untuk kompetisi ini. Juara pertama akan mendapatkan 200.000 dollar AS, juara kedua ada tiga pemenang yang masing-masing akan dihadiahi 100.000 dollar AS, dan juara ketiga yang terdiri dari 6 pemenang dengan hadiah 50.000 dollar AS.

Pemenang utama juga akan mendapatkan kesempatan untuk dimodali dan dipromosikan Samsung.

Ini merupakan tahun kedua bagi Samsung mengadakan kompetisi Smart App Challenge. Tahun lalu, pemenang dari kompetisi ini adalah sebuah aplikasi bernama "Gun & Blood", sebuah game menembak buatan developer bernama Feelingtouch.

Berikut salah satu contoh aplikasi yang memanfaatkan fitur peer-to-peer Samsung Galaxy S4.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X