Kompas.com - 21/05/2013, 13:52 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Yahoo Jepang mengakui bahwa server mereka baru "dikunjungi" oleh peretas. Dalam penyelidikannya, pihak Yahoo Jepang menemukan adanya akses ilegal di server ID yang menyimpan data pengguna.

Dalam penyelidikan lebih lanjut, pihak Yahoo Jepang berhasil menemukan sebuah file dengan data 22 juta pengguna di dalamnya.

Pihak Yahoo sendiri belum yakin, apakah file tersebut sudah berhasil diambil oleh peretas. Namun, Yahoo pun tidak menutup kemungkinan, file penting ini sudah berhasil dikopi keluar dari server.

Untungnya, dalam file tersebut tidak terdapat data kata sandi (password) dan juga informasi penting lainnya. Hanya ada data ID/username yang itu pun merupakan informasi publik yang digunakan saat pengguna meninggalkan komentar, berbelanja, atau layanan lelang.

Jika berhasil dicuri, maka kasus ini dinilai cukup besar bagi Yahoo Jepang. Pada tahun 2012 lalu saja, pengguna Yahoo Negeri Sakura ini dikabarkan menyentuh angka 24 juta. Artinya, nyaris sebagian besar data username pengguna berhasil diambil.

Dikutip dari Computer World, Selasa (21/5/2013), situs terbesar di Jepang ini telah memberikan peringatan mengenai kemungkinan diambilnya data dari server. Yahoo pun menyediakan sebuah layanan yang mengizinkan para penggunanya melakukan pengecekan, apakah ID mereka terambil datanya atau tidak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yahoo Jepang merupakan situs yang paling banyak dikunjungi di Jepang, menurut Alexa. Yahoo versi Jepang juga situs di peringkat ke-15 secara global. Saham mayoritas dari situs versi ini dimiliki Softbank yang merupakan operator mobile dan internet terbesar di Jepang, sedangkan Yahoo hanya memiliki 35 persen saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.