Kompas.com - 22/05/2013, 09:24 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Microsoft akhirnya membuka tabir misteri konsol gaming generasi terbarunya, XBox One, dalam sebuah konferensi pers yang berlangsung pada Selasa siang waktu Redmond, AS, atau Rabu (22/5/2013) dini hari waktu Indonesia.

Dalam acara tersebut, Microsoft telah secara resmi memamerkan konsol XBox One, controller, dan juga Kinect yang semuanya hadir dalam desain baru. Namun, Microsoft belum menyebutkan secara detail mengenai spesifikasi dari konsol generasi baru ini.

Meski demikian, Microsoft sudah memberikan beberapa bocoran. Salah satunya adalah prosesor. Produk ini dipersenjatai prosesor buatan AMD yang telah di-customize. Tidak disebutkan kecepatannya, tetapi prosesor ini memiliki delapan inti (octa core). Selain itu, prosesor ini diproduksi dengan proses fabrikasi 28 nm.

Tingkat konsumsi daya prosesor tersebut ternyata cukup tinggi. Dikutip dari Engadget, Rabu (22/5/2013), tingkat daya yang dibutuhkan mencapai 100 watt, sedikit lebih tinggi dari XBox Slim dan juga Playstation 3.

Microsoft tidak menyebutkan kartu grafis apa yang digunakan dalam produk ini. Namun, diketahui bahwa GPU tersebut mendukung DirectX 11.1 dan menggunakan memori ESRAM sebesar 32MB.

RAM yang digunakan berkapasitas 8GB. Jenisnya sedikit berbeda dari milik Playstation 4. XBox One menggunakan RAM DDR3, sedangkan Playstation 4 GDDR5.

Dari segi media penyimpanan, Xbox One menggunakan hard disk berkapasitas 500GB.

Xbox generasi baru ini tidak akan dipersenjatai dengan pemutar cakram DVD lagi. Nantinya, ia akan mendukung cakram berjenis Blu-ray, sama seperti yang digunakan di Playstation 3.

Selain itu, XBox One dilengkapi dukungan HDMI 1.4, port USB 3.0, port Ethernet, dan tiga WiFi 802.11n yang berbeda untuk berkomunikasi dengan controller dan perangkat lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.