Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Penghindar Pajak Terbesar

Kompas.com - 22/05/2013, 11:48 WIB

Tim Cook akan memberi penjelasan kepada Senat AS soal pembayaran pajak Apple.

Raksasa industri komputer Apple disebut sebagai salah satu penghindar pajak terbesar di Amerikat Serikat.

Sebuah komite di Senat AS mengatakan Apple menggunakan jaringan entitas di luar negeri yang kompleks untuk menghindari pembayaran pajak pendapatan senilai miliaran dolar.

Namun komite menegaskan tidak ada indikasi bahwa perusahaan itu melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Apple diperkirakan memiliki cadangan uang tunai 145 miliar dollar AS namun, menurut komite, sebesar 102 miliar dollar AS berada di luar Amerika Serikat.

Laporan senat memperkirakan Apple menghindari pajak 3,5 miliar dollar AS pada tahun 2011 dan setahun kemudian sebesar 9 miliar dollar AS.

Versi Apple

Namun produsen iPad yang berpusat di California ini menegaskan bahwa mereka merupakan salah satu pembayar pajak terbesar di AS, sebesar 6 miliar dollar AS untuk pajak pendapatan federal pada tahun fiskal 2012.

Pimpinan puncaknya, Tim Cook, akan memberi penjelasan tentang pembayaran pajak Apple kepada sebuah panel, Selasa 21 Mei, dan Apple sudah menegaskan bahwa mereka tidak melakukan 'permainan' pajak.

Masalah pembayaran pajak ini mengemuka setelah sebuah komite mengkaji metode yang digunakan perusahaan multinasional dalam memindahkan keuntungannya ke luar negeri.

Beberapa perusahaan besar AS mendapat kritikan karena keengganan untuk menarik pendapatan di luar negeri ke Amerika Serikat karena akan membayar pajak yang bisa mencapai 35%.

Pajak perusahaan Amerika Serikat yang mencapai 35% itu merupakan yang terbesar di dunia walapun pada prakteknya perusahaan membayar lebih kecil karena sejumlah pengurangan maupun pengecualian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com