Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Si Cantik, Yahoo Kembali Masuk "100 Besar"

Kompas.com - 22/05/2013, 14:24 WIB

KOMPAS.com — Setelah sempat menghilang lama, Yahoo akhirnya kembali masuk ke daftar 100 perusahaan dengan nilai tertinggi versi Brandz.

Dikutip dari AllThingsD, Rabu (22/5/2013), terakhir kali Yahoo berada di daftar ini adalah pada tahun 2009. Pada saat itu, Yahoo ditaksir memiliki nilai 7,9 miliar dollar AS.

Dengan tangan dingin bos cantik Yahoo, Marrisa Mayer, nilai perusahaan raksasa internet ini melonjak jauh dibandingkan 2009. Kini, Yahoo ditaksir bernilai 9,8 miliar dollar AS dan berhasil menduduki peringkat 92 dalam daftar Brandz tersebut.

marissa_mayer
Meski begitu, nilai perusahaan ini masih sedikit lebih rendah jika dibandingkan pada tahun 2008. Pada tahun tersebut, Yahoo bernilai 11,4 miliar dollar AS.

Peringkat pertama hingga ketiga dalam daftar Brandz ini dikuasai oleh perusahaan teknologi. Secara berurutan, tiga teratas dikuasai oleh Apple, Google, dan IBM.

Nilai perusahaan Apple meningkat 1 persen jika dibandingkan tahun 2012 ke angka 185,1 miliar dollar AS. Sementara Google meningkat 5 persen menjadi 133,7 miliar dollar AS.

Pesaing Apple asal Korea, Samsung, mengalami penurunan value brand yang cukup tajam, yaitu sekitar 51 persen. Perusahaan pencipta seri Galaxy ini berada di posisi 30 dengan nilai 21,4 miliar dollar AS.

Perusahaan teknologi lain yang ada di daftar ini adalah Microsoft di urutan ke-7 dengan 69,8 miliar dollar AS (turun 9 persen), Facebook ada di urutan ke-31 dengan nilai 21,3 miliar dollar AS (turun 36 persen), dan eBay di urutan 47 dengan nilai 17,7 miliar (naik 40 persen).

Daftar top 100 Brandz ini selalu diperbarui (update) dalam delapan tahun belakangan ini. Daftar ini cukup dilihat oleh para marketer dan dibuat oleh Millward Brown Optimor.

Kunjungi link berikut ini untuk mengetahui daftar lengkap Brandz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com