Samsung Galaxy Berikutnya Pakai Pengenal Sidik Jari?

Kompas.com - 23/05/2013, 12:07 WIB
EditorReza Wahyudi

Samsung Samsung Galaxy S4 dan Galaxy S III

KOMPAS.com — Seri smartphone Galaxy selanjutnya kemungkinan bakal dilengkapi sensor pengenal sidik jari (fingerprint sensor). Hal tersebut terungkap saat seorang pembaca situs SamMobile mengutak-atik firmware milik Samsung Galaxy SIII.

Dalam folder SecSettings.apk yang berada di bagian SecSettings-res-drawable-hdpi, si pembaca menemukan berbagai macam gambar yang memperlihatkan proses pemindaian sidik jari dalam bentuk ilustrasi gambar.
 
Salah satu gambar menunjukkan sidik jari dan gambar lainnya memperlihatkan tangan yang sedang menyentuh tombol Home (kemungkinan sedang melakukan pindai sidik jari). Terdapat juga gambar "tambah" dan "centang". Kedua gambar tersebut seperti ingin memperlihatkan sidik jari yang dipindai dikenali oleh sistem.
Screen-Shot-2013-05-21-at-4.35.49-PM-418x500
Berdasarkan ilustrasi tersebutlah, Samsung diduga akan melengkapi perangkat seri Galaxy di masa yang akan datang dengan sensor sidik jari.

Dikutip dari Slashgear, Kamis (23/5/2013), kemungkinan Samsung sudah menguji teknologi pemindai sidik jari di Galaxy S III. Namun, entah disengaja atau tidak, pihak pengembang perusahaan asal Korea Selatan tersebut tidak berhasil menghilangkan jejak file tersebut.

Sebenarnya, pihak Samsung sudah berusaha keras untuk menyembunyikan file tersebut dengan cara menaruhnya di bagian yang sangat jarang "dikunjungi" orang. Namun, kenyataannya informasi tersebut bocor juga.

Sebelumnya, Apple dikabarkan bakal melengkapi iPhone generasi berikutnya—sering disebut sebagai iPhone 5S—dengan sensor sidik jari yang disatukan dengan tombol "Home".

Tujuan dari penerapan fitur ini cukup sederhana, yaitu meningkatkan keamanan dari berbagai aplikasi yang ada di iOS.

Sensor pengenal sidik jari tersebut kemungkinan dibuat untuk proses otentifikasi agar tidak sembarang orang menggunakan aplikasi yang ada. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X