Kompas.com - 24/05/2013, 08:06 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Rekaan jam tangan pintar Apple.

KOMPAS.com — Berbeda dari banyak prediksi, seorang analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo, menganalisis bahwa produk jam tangan pintar buatan Apple—sebut saja iWatch—tidak akan diluncurkan pada tahun 2013. Ia memprediksi, produk ini akan diluncurkan paling cepat pada paruh kedua 2014.

Dalam analisisnya yang dikirimkan kepada investor, Kuo menyebutkan ada dua alasan di balik prediksinya. Salah satunya adalah masalah software.

Saat ini, tim pengembang Apple dikabarkan sedang fokus dalam mengembangkan iOS versi terbaru. Apabila tim ini "dipecah" untuk mengerjakan sistem operasi bagi iWatch, diyakini pengembangan dari salah satu, bahkan mungkin kedua sistem operasi ini, akan terganggu.

"Apple mungkin tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk mengembangkan versi iOS dari iWatch karena dibutuhkan perubahan besar pada iOS untuk iPhone dan iPad tahun ini," kata Kuo, seperti dikutip dari Mac Rumors, Jumat (24/5/2013).

Alasan lainnya, komponen untuk iWatch ini masih belum terlalu siap. Hal ini memaksa Apple untuk menunda produksi produk tersebut hingga tahun depan.

"Komponen perangkat wearable masih belum siap. Oleh karena alasan ini, kami pikir produksi masalah dari iWatch akan dimulai di paruh kedua 2014, bukan 2013 seperti yang dispekulasikan pasar," ujar Kuo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari sisi hardware, iWatch dikatakan akan menggunakan layar dengan bentang 1,5 hingga 2 inci. Adapun spesifikasinya akan mirip dengan iPod Nano.

Jenis layarnya pun bukanlah OLED, seperti yang dirumorkan belakangan ini. Apple dikatakan lebih memilih menggunakan teknologi layar GF2 yang juga dipakai di iPad Mini.

Komponen pemindai sidik jari yang dikabarkan akan hadir di iPhone 5S juga akan mempersenjatai iWatch.

Dari rumor sebelumnya, diketahui bahwa Apple sedang mengebut pengembangan iWatch. Ini terlihat dari kabar soal adanya 100-an pekerja demi kesuksesan iWatch ini.

Dari sekitar 100 anggota tim, tidak semua karyawan difokuskan dalam mengembangkan hardware dan software untuk produk tersebut. Ada juga karyawan yang ditunjuk untuk mendesain dan juga memikirkan strategi untuk memasarkan perangkat yang satu ini.

Ming-Chi Kuo memiliki catatan yang sangat baik perihal rumor seputar Apple. Dia pernah menebak dengan benar, Apple akan menghentikan produksi MacBook Pro layar 17 inci. Apakah prediksinya terkait iWatch ini akan menjadi kenyataan?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X