Kompas.com - 25/05/2013, 10:38 WIB
EditorReza Wahyudi

HP

KOMPAS.com - Sistem operasi mobile Google, Android, tak hanya menjadi ancaman OS mobile lain, seperti iOS dan Windows Phone. Android juga mengancam produk-produk komputer personal Microsoft Windows. Karena Android bisa menjadi alternatif sistem operasi komputer hybrid.

Ancaman itu dibuktikan setelah tablet hybrid Hewlett-Packard (HP) SlateBook x2 dengan sistem operasi Android 4.2.2 (Jelly Bean) diluncurkan bersama HP Split x2 dengan OS Windows 8.

HP SlateBook x2 mempunyai layar sentuh 10,1 inci dengan resolusi 1920 x 1200  piksel dan mengusung prosesor quad-core NVidia Tegra 4.

Oleh pembuatnya, dikatakan, "Ditenagai Android, sistem operasi paling tangguh di dunia... 100 persen tablet, 100 persen notebook, 100 persen Android..."

Perangkat hybrid yang akan hadir Agustus 2013 itu mempunyai dua baterai, satu di tablet dan satu di panel ketik atau dock, dan dijual seharga 479,99 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 4,7 juta.

Produsen Hewlett-Packard lebih populer dengan perangkat komputer personal bersistem operasi Microsoft Windows dibanding produsen ponsel pintar ataupun tablet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kehadiran tablet hybrid Android itu semakin mengukuhkan Android dan OS Google lain, Chrome, sebagai pengganti Windows bagi HP terutama setelah perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat, itu meluncurkan Chromebook dan tablet Android Slate 7 pada Februari.

Brooke Crothers dari CNET melaporkan komputer Android akan semakin melimpah karena sejumlah produsen komputer lain seperti Asus dan Acer juga semakin bergantung terhadap Android.

Asus telah meluncurkan tablet Nexus 7, Transformer Pad, dan FonePad. Sedangkan Acer mempunyai tablet Iconia A1. (ANT) 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.