Google Restui YouTube Sambangi WP8

Kompas.com - 25/05/2013, 16:38 WIB
EditorReza Wahyudi

Nokia Lumia 520.

KOMPAS.com - Microsoft dan Google sempat berseteru soal karena aplikasi YouTube di Windows Phone. Bahkan, Google sudah meminta YouTube ditarik dari toko aplikasi Windows Phone.

Google menuduh Microsoft  telah melanggar ketentuan Application Programming Interface (API) YouTube dengan tidak menayangkan iklan melalui aplikasi bikinannya.

Nah, setelah melewati beberapa negosiasi, Google berubah pikiran dan bersama Microsoft sepakat bekerjasama membuat aplikasi YouTube yang baru untuk Windows Phone.

Seperti dikutip dari The Verge, Jumat (24/5/2013), aplikasi YouTube untuk Windows Phone 8 sekarang telah memenuhi syarat pemakaian Application Programming Interface (API) resmi.

Selain itu, Microsoft juga mengizinkan adanya iklan dalam aplikasi YouTube di Windows Phone. Ini berarti, pengguna Windows Phone akan melihat iklan di aplikasi YouTube terbaru. Pencantuman iklan ini sepertinya menjadi syarat utama yang harus dipenuhi Microsoft agar YouTube tampil di Windows Phone.

Menurut juru bicara Google, aplikasi YouTube yang sekarang ada di Windows Phone Store akan diganti dengan aplikasi baru buatan kedua perusahaan. Ia akan hadir dalam beberapa pekan mendatang.

Sebelumnya, aplikasi YouTube dikembangkan sendiri oleh Microsoft karena ia termasuk dalam salah satu aplikasi bawaan dan utama. Selama ini, Microsoft menuding Google tidak memberi fitur penuh pada API YouTube untuk pihak ketiga, yang berguna dalam hal pemutaran video dan akses ke metadata YouTube.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X