Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembajakan Game Tak Setinggi Perkiraan

Kompas.com - 26/05/2013, 13:15 WIB

(J Castro/sxc.hu)

KOMPAS.com - Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap layanan berbagi file video game di BitTorrent menghasilkan sebuah kesimpulan yang mencengangkan. Ternyata, tingkat pembajakan video game yang terjadi selama ini, tidak setinggi yang digembar gemborkan.

Adalah tiga orang akademisi dari Aalborg University diwakili Anders Drachen; University of Waterloo diwakili oleh Kevin Bauer; dan Copenhagen Business School diwakili Robert W. D. Veitch; yang mengadakan penelitian ini.

Ketiga akademisi ini menganalisa 173 judul game dari 14 platform, termasuk Xbox 360, PlayStation 3, Wii, dan Windows PC, yang didistribusikan melalui BitTorrent. Judul game yang didistribusikan secara legal tidak masuk ke objek penelitian.

Penelitian pun dilakukan selama 3 bulan pada periode 2010 hingga 2011.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sekitar 12,6 juta pengguna BitTorrent membagikan file ilegal game.

Dikutip dari Polygon, Minggu (19/5/2013), para pengguna BitTorrent terlihat lebih memilih mengunduh game populer atau game dengan rating tinggi. Hal tersebut terlihat dari besarnya jumlah unduhan game-game populer, 10 game teratas menyumbang 41,8 persen dari keseluruhan unduhan game bajakan.

Sepuluh judul game yang ada pada periode penelitian adalah Fallout: New Vegas; Darksiders; Need for Speed: Hot Pursuit; NBA 2k11; TRON Evolution; Call of Duty: Black Ops; Starcraft 2; Star Wars the Force Unleashed 2; Two Worlds II; dan The Sims 3: Late Night.

Sedangkan negara yang paling sering terlihat mengunduh dan mendistribusikan game bajakan adalah Rumania, Kroasia, Hungaria, Yunani, dan Portugal.

Dari hasil penelitian ini, para peneliti menyimpulkan, para perusahaan anti-pembajakan dan pengembang sedikit bias untuk masalah pembajakan karena terkait langsung dengan bisnis yang mereka jalani. Oleh karena itulah, data yang dipublikasikan mereka terlihat sedikit lebih besar.

Sebagai contoh, data dari lembaga The Entertainment Software Association memperlihatkan adanya 10 juta unduhan ilegal file video game pada Desember 2009 lalu. Sedangkan TorrentFreak melaporkan ada 18,14 juta unduhan melalui BitTorrent hanya untuk Windows PC dan 5,34 juta untuk konsol game pada 2010 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com