Kompas.com - 27/05/2013, 11:48 WIB
EditorAditya Panji Rahmanto

KOMPAS.com - Investasi Intel di industri mobile selama bertahun-tahun akhirnya menuai hasil. Samsung, salah satu pemain besar dalam bisnis komputer tablet, dikabarkan akan memakai prosesor Intel Atom kode nama Clover Trail.

Seorang sumber terpercaya mengatakan kepada Venture Beat, bahwa Samsung telah memilih prosesor Intel agar dapat bersaing dengan prosesor berarsitektur ARM, bahkan prosesor Exynos yang dibuat sendiri oleh Samsung.

Tablet Samsung yang menggunakan prosesor Intel ini dikabarkan berukuran 10 inci dan memiliki kode produk GT-P5200, yang termasuk dalam keluarga Galaxy Tab. Prosesor yang digunakan adalah Atom Z2520 dengan proses manufaktur 32 nano meter (nm).

Meski demikian, tablet Samsung dengan prosesor Intel ini hanyalah satu dari sekian banyak lini produk tablet yang akan dirilis pada 2013 ini. Samsung masih akan lebih banyak memproduksi tablet dengan prosesor berarsitektur ARM.

Dalam usahanya menaklukan industri mobile, Intel akan merilis beberapa prosesor desain baru dalam pameran produk elektronik Computex di Taipei, Taiwan, bulan Juni mendatang. Perusahaan bakal merilis prosesor dengan kode nama Bay Trail untuk tablet dan Merrifield untuk ponsel pintar.

Ada pula prosesor Core i generasi keempat, atau biasa disebut Haswell. Produk ini bakal meningkatkan efisiensi daya sebuah komputer hingga 50 persen dan kinerja grafisnya akan dua kali lebih baik dari generasi sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.