Kompas.com - 27/05/2013, 16:20 WIB
EditorReza Wahyudi

Shutterstock

KOMPAS.com - Sengketa hukum hak paten antara Nokia dan HTC masih berlanjut. Nokia mengajukan dua gugatan baru yang menuding HTC melanggar 9 paten dan meminta agar regulator Amerika Serikat (AS) memblokir produk HTC.

Dua gugatan baru Nokia ini diajukan di kantor Komisi Perdagangan Internasional AS dan Pengadilan Distrik California Utara.

Menurut Nokia, salah satu paten yang dilanggar HTC adalah terkait teknologi nirkabel Near Field Communications (NFC). Beberapa produk HTC, termasuk ponsel pintar Android seri HTC One, disebut Nokia masuk dalam daftar yang melanggar paten.

HTC telah menerima dokumen gugatan ini dan akan segera dipelajari oleh tim kuasa hukum. "Setelah menerima dokumen resmi, HTC akan mempertimbangkan semua pilihan hukum untuk melindungi hak-hak kami," ujar juru bicara HTC dalam pernyataan kepada The Wall Street Journal, Jumat (24/5/2013).

Sengketa hukum hak paten antara Nokia dan HTC tidak hanya berlangsung di Amerika Serikat, tetapi juga terjadi di Inggris dan Jerman, dan melibatkan sekitar 50 paten teknologi. Di Jerman, HTC memenangkan gugatan yang diajukan Nokia terkait paten telepon seluler saat mengakses internet.

Sengketa hukum antara kedua perusahaan juga terjadi di Belanda. HTC dipaksa mengubah desain mikrofon pada HTC One atas perintah Pengadilan Distrik Amsterdam. Karena, komponen mikrofon pada HTC One yang dibuat oleh STMicroelectronics sebenarnya hanya boleh digunakan oleh produk Nokia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mikrofon tersebut memiliki teknologi dual-membran dan memiliki amplitudo tinggi. Kepada Nokia, STMicroelectronics telah menyetujui eksklusivitas komponen tersebut hanya untuk produk Nokia dan tidak akan menjualnya kepada pihak ketiga. Namun perjanjian itu dilanggar, STMicroelectronics memasok komponen mikrofon itu kepada HTC. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.