Kompas.com - 28/05/2013, 13:19 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dua nama besar di dunia teknologi yang berbeda "ladang", Mozilla dan Foxconn akan meluncurkan perangkat baru berbasis Firefox OS.

Firefox lebih dikenal sebagai produsen dari aplikasi peramban internet (browser) Firefox. Sedangkan Foxconn terkenal sebagai pemanufaktur perangkat Apple, seperti iPhone dan iPad.

Seperti dilansir Focus Taiwan, pengumuman produk baru ini akan digelar pada Senin (3/6/2013) mendatang. Sumber yang dekat dengan informasi ini menyatakan, perangkat yang akan diluncurkan tersebut kemungkinan besar adalah sebuah tablet.

Rumor yang beredar sebelumnya memang menyebutkan Mozilla sedang mengerjakan tablet Firefox OS, setelah mereka meluncurkan dua smartphone berbasis OS tersebut.

Dua ponsel tersebut adalah ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire, yang diperkenalkan bulan Januari lalu, pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2013, di Barcelona, Spanyol.

Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" (B2G), yang juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011.

Organisasi yang berkantor di Mountain View, Amerika Serikat ini mengatakan, Firefox OS akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka (open source). Dibangun sepenuhnya pada standar web terbuka dan aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi HTML5.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.