Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

490 Miliar Rupiah, "Kado" Ultah ke-10 WordPress

Kompas.com - 28/05/2013, 13:48 WIB

Aditya Panji/KompasTekno 10 Tahun WordPress

KOMPAS.com - Automattic, perusahaan yang mengembangkan platform penerbit konten internet WordPress, mengumumkan bahwa mereka mendapat investasi sebesar 50 juta dollar AS atau sekitar Rp 490 miliar dari Global Tiger Management, akhir pekan lalu.

Pendiri WordPress Matt Mullenweg mengatakan, kesepakatan investasi ini diselesaikan pada Senin (27/5/2013), bertepatan dengan hari ulang tahun WordPress ke-10 tahun. Dana investasi tersebut digunakan untuk membeli sebagian saham yang dimiliki investor awal Automattic.

Perusahaan sempat menerima investasi dari New York Times sebesar 29 juta dollar AS, lalu menerima dana dari beberapa investor sebelumnya, antara lain Polaris Partners, Radar Partners and True Ventures.

Sebagian besar pendapatan WordPress berasal dari biaya berlangganan pengguna. Kepada situs web teknologi AllThingsD, salah seorang eksekutif Automattic pernah mengatakan, bahwa pendapatan perusahaan pada tahun 2012 mencapai 45 juta dollar AS.

Menurut data WordPress, hingga kini ada sekitar 66,283 juta situs web di seluruh dunia yang menggunakan platform WordPress. Seperti dikutip dari The Wall Street Journal, Mullenweg mengklaim, sekitar 18,2 persen situs web di seluruh dunia menggunakan platform WordPress.

Automattic saat ini memiliki 170 karyawan yang terus mengembangkan produk WordPress. Ekosistem WordPress sendiri didukung oleh berbagai pihak dan komunitas. Ada banyak pihak yang menyediakan desain tema, plug-in, penyedia hosting, sampai solusi kostumisasi khusus WordPress.

Hal ini membawa WordPress sukses menjadi platform blog dan content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama, seperti CNN, Reuters, The New york Times, TechCrunch, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com