Kompas.com - 29/05/2013, 10:22 WIB
EditorReza Wahyudi

NHN Stickers berbayar laku keras di aplikasi Line.

JAKARTA, KOMPAS.com — Aplikasi mobile messenger, Line, mampu menarik perhatian berkat salah satu fiturnya, yaitu Sticker. Demi menggaet lebih banyak pengguna di Indonesia, pihak Line membeberkan telah menyiapkan sebuah sticker penyanyi Indonesia, Agnes Monica.

Sticker tersebut saat ini sedang dalam tahap pengembangan. Rencananya, ia akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Belum diketahui, apakah sticker ini akan tersedia secara gratis atau berbayar.

"Sticker ini dibuat sangat mirip dengan saya. Bahkan, baju yang dipakainya pun beneran milik saya," ungkap Agnes dalam acara jumpa pers di Jakarta, Rabu (28/5/2013).

KOMPAS.com/Deliusno Sticker Agnes Monica sedang dalam pengembangan

Penggunaan karakter terkenal sebagai sticker di aplikasi Line ternyata sudah beberapa kali dilakukan. Pihak Line pernah menggunakan Psy dan G-Dragon, yang keduanya berasal dari Korea Selatan, sebagai karakter Sticker.

Pihak Line sendiri memang terlihat sangat serius dalam menggarap fitur sticker. Hal tersebut disebabkan fitur inilah yang membedakan Line dengan aplikasi mobile messaging lainnya.

Pendapatan Line dari sticker ini pun sangat besar. Dalam laporan keuangan untuk kuartal pertama tahun fiskal 2013, diketahui bahwa sticker mampu menyumbang 30 persen atau sekitar 17 juta dollar AS dari seluruh pendapatan sebesar 58 juta dollar AS.

Saat ini, Line memiliki "gudang" yang menawarkan lebih dari 8.000 jenis pilihan sticker.

Aplikasi Line untuk pertama kalinya dikembangkan di Jepang. Hingga saat ini, aplikasi tersebut sudah merasakan sukses besar karena telah diunduh sebanyak lebih dari 160 juta kali.

Pasaran terbesar Line masih ada di wilayah Asia. Meskipun begitu, popularitas aplikasi ini telah menyebar ke wilayah Eropa, Amerika Latin, dan juga Amerika Serikat.

Aplikasi Line sendiri hadir secara multiplatform, yaitu di perangkat berbasis iOS, Android, Windows, Phone, BlackBerry, dan Nokia Asha. Aplikasi ini juga sudah tersedia dalam 12 bahasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.