Kompas.com - 29/05/2013, 12:27 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Soal kemampuan menjalankan game, konsol "next-gen", seperti Xbox One yang baru diluncurkan Microsoft dan PlayStation 4 (PS4) dari Sony sudah pasti lebih bertenaga dibanding generasi-generasi terdahulu.

Tetapi Executive Vice President and Chief Technology Officer Electronis Arts (EA) Rajat Taneja berpikir lebih jauh dan mengatakan bahwa kedua konsol tersebut lebih maju satu generasi dibandingkan PC desktop tercanggih sekalipun.

Pendapat itu dituangkannya dalam sebuah tulisan mengenai teknologi di balik konsol Xbox One yang dipublikasikan melalui situs LinkedIn. Alasannya, sebut Taneja dalam artikel tersebut, berkisar seputar arsitektur System-on-Chip (SoC) yang diusung game console next-gen.

"Kombinasi desain unik hardware mereka, sistem operasi yang dipakai, dan layanan online yang ditawarkan menghasilkan platform paling meyakinkan untuk menciptakan ulang mekanika game," tulis Taneja.

Mengutip hasil benchmark internal EA, Taneja menyebutkan bahwa performa audio dan video perangkat-perangkat konsol game tersebut lebih kencang antara 8 hingga 10 kali lipat dibandingkan generasi terdahulu.

Dia juga berbicara mengenai engine baru IGNITE dan Frostbite dari EA yang disebut mampu memanfaatkan kemampuan penuh dari Xbox One dan PS4.

Berbekal engine terbaru ini, game seperti Battlefield 4 bisa tampil lebih detail hingga ke penampilan efek cahaya dan pakaian para karakter di dalamnya, sementara judul-judul game olahraga bisa dibuat lebih menyerupai keadaan di dunia nyata melalui simulasi kecerdasan manusia untuk karakter-karakter pemain dalam sebuah tim.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Perangkat-perangkat konsol game next-gen ini menciptakan lingkungan dunia yang dinamis dan hidup… juga lebih sosial, berbeda dari konsol terakhir yang muncul delapan tahun lalu," lanjut Taneja.

Seperti apakah kemampuan konsol next-gen seperti yang dijelaskan oleh Taneja? Silakan simak video trailer resmi demo engine IGNITE dari EA berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.