Kisah Pencinta Jazz Pendiri WordPress

Kompas.com - 29/05/2013, 18:08 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

(ma.tt) Matt Mullenweg, pendiri WordPress


KOMPAS.com -
Saat blog makin meluas, demikian pula WordPress. Content Management System dengan metode pengembangan Open Source itu pertama kali muncul pada 2003 sebagai hasil utak-atik Matt Mullenweg.

Pada 2013 ini, WordPress tercatat telah berusia 10 tahun. Perayaannya pun dilakukan di banyak tempat, termasuk di Indonesia pada Senin (27/5/2013).

"Satu dari enam website yang ada di internet diperkuat oleh WordPress," kata WordPress Evangelist, Valent Mustamin, dalam acara tersebut.

Menurut data WordPress, hingga kini, ada sekitar 66,283 juta situs web di seluruh dunia yang menggunakan platform WordPress. Pengguna WordPress memproduksi sekitar 41,5 juta konten baru dan 53,2 juta komentar baru setiap bulannya.

Menariknya lagi, Bahasa Indonesia menempati peringkat empat sebagai bahasa terbanyak yang digunakan di platform penerbitan konten internet WordPress. Hingga Mei 2013, sebanyak 3,5 persen konten yang ada di WordPress ditulis dalam bahasa Indonesia.

Tak dapat dipungkiri bahwa konten di internet masih didominasi oleh bahasa Inggris. Di WordPress sendiri, bahasa Inggris mendominasi dengan 66 persen, lalu diiikuti bahasa Spanyol sebesar 8,7 persen, dan bahasa Portugis 6,5 persen.

WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama, seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Kesuksesan WordPress sebagai platform CMS juga didukung oleh ekosistem yang kuat dan dukungan dari komunitas pendukung teknologi open source. Ada banyak pihak yang menyediakan tema, plug-in, penyedia hosting, sampai solusi kustomisasi khusus WordPress.

Sosok Mullenweg

Matt Mullenweg adalah pencinta musik, terutama jazz. Itu mengapa ciptaannya, platform blog populer WordPress, memiliki nama kode sesuai nama musisi jazz terkenal.

“Lebih penting lagi, WordPress adalah bagian dari diriku. Seperti makan, bernapas dan musik, saya tidak bisa tidak mengerjakan Wordpress,” sebut Matt Mullenweg, pendiri Wordpress.

WordPress berawal dari sebuah piranti lunak Open Source lain bernama b2 / cafelog. Para pendirinya adalah Matt Mullenweg dan Mike Little.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X