Kompas.com - 30/05/2013, 12:29 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Facebook mengumumkan rencana untuk melakukan pemantauan dan penghapusan terhadap komentar atau publikasi yang mengandung kebencian terkait isu jender, Selasa (28/5/2013). Upaya ini merupakan desakan dan kampanye dari kelompok Women, Action, and the Media (WAM).

WAM menulis surat terbuka kepada Facebook pada 21 Mei 2013, yang mengatakan bahwa ada konten di Facebook yang menyebar kebencian terhadap perempuan, agama tertentu, ras, dan orientasi seksual. Facebook diminta melakukan filter terhadap komentar, publikasi, atau halaman yang berkaitan dengan hal tersebut, termasuk konten humor yang menyinggung.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu secara terbuka menanggapi permintaan WAM. Namun, sistem filter Facebook belum bekerja dengan baik.

"Kami telah bekerja selama beberapa hari terakhir untuk memperbaiki sistem yang menanggapi laporan pelanggaran. Namun, pedoman yang digunakan oleh sistem ini telah gagal untuk menangkap semua konten yang melanggar standar kami. Kita perlu berbuat lebih baik dan kami akan melakukannya," tulis Facebook dalam publikasi di blog resmi perusahaan.

Pihak Facebook berjanji akan menyelesaikan kasus ini secara bijaksana dan terukur.

Seperti dikutip dari Reuters, konten yang dianggap melanggar ini secara tak langsung berpengaruh terhadap bisnis iklan Facebook. Para pengiklan tidak mau iklan mereka tayang di samping konten yang menyinggung atau melanggar etika sosial.

MediaWeek dari Inggris melaporkan, kasus ini membuat sekitar 13 pemilik merek global menarik iklan dari Facebook. Mereka mengindahkan kampanye yang dilakukan oleh WAM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.