Kompas.com - 30/05/2013, 14:47 WIB
EditorReza Wahyudi

Amazon

KOMPAS.com  Industri PC tercatat mengalami penurunan terburuk pada kuartal pertama 2013. Namun, kondisi tersebut diprediksi tak akan berakhir di situ.

Seperti dikutip dari BGR, lembaga riset IDC memperkirakan angka pengapalan PC secara global akan terus menciut sepanjang 2013 sehingga mengalami penurunan 7,8 persen dibanding tahun lalu.

Penurunan disebut IDC akan berlanjut pada 2014, tetapi dengan angka yang lebih kecil, yaitu 1,2 persen.

Penyebab di balik melesunya industri PC atau "Kiamat PC" tak lain dan tak bukan adalah perangkat tablet yang populasinya terus menanjak.

Pada 2013, IDC memperkirakan angka shipment tablet akan tumbuh 59 persen menjadi 229,3 juta unit dari sebanyak 144,5 juta unit tahun lalu. Konsumen agaknya lebih memilih memakai perangkat ini ketimbang PC untuk memenuhi sejumlah kebutuhan komputasi.

"Banyak pengguna mulai menyadari bahwa beberapa kegiatan sehari-hari seperti browsing web, aktivitas di media sosial, mengirim e-mail, hingga memakai berbagai aplikasi tak membutuhkan tenaga ataupun media penyimpanan lokal yang besar (seperti pada PC)," ujar analis IDC Loren Loverde.

Ditambahkan olehnya, pengguna kini lebih mementingkan hal-hal seperti ukuran kecil, daya tahan baterai tinggi, instant-on, dan antarmuka layar sentuh yang intuitif.

"Ini bukan berarti PC ditinggalkan sepenuhnya, tetapi waktu yang dihabiskan untuk memakai PC jadi berkurang dan pengguna sudah merasa puas dengan komputer lama," imbuh Loverde. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.