Kompas.com - 30/05/2013, 17:08 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Kerinduan pengguna Windows terhadap tombol Start yang dihilangkan di Windows 8 segera terobati.

Meski belum pasti "kembali", sebuah screenshot yang memperlihatkan tombol Start tersebut beredar di internet. Letaknya masih sama, di ujung kiri bawah layar. Namun, ia hadir dengan bentuk baru, yaitu logo Windows 8.

Sedikit berbeda dengan tombol Start di Windows 7 dan Windows versi sebelumnya, warna tombol tersebut akan berubah saat mouse digeser di atasnya.

Untuk fungsinya, bila dulu tombol Start saat ditekan akan memunculkan daftar menu, di Windows 8.1 yang akan ditampilkan adalah Start Screen yang berisi daftar aplikasi. Meski demikian, latar belakang pada Start Screen bisa disamakan dengan desktop. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang sama saat mengakses desktop.

Seperti dikutip dari ZDNet, tombol tersebut akan kembali hadir di Windows 8.1 yang sebelumnya dirumorkan bernama Windows Blue.

Selain tombol Start, fitur lain yang kemungkinan hadir kembali adalah "boot-to-desktop". Fitur ini memungkinkan booting komputer langsung ke lingkungan desktop Windows, tanpa harus melalui Start Screen terlebih dahulu.

Opsi itu pun kabarnya bakal menjadi pilihan default pengguna. Booting ke Start Screen seperti pada Windows 8 bisa dipilih apabila diinginkan.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.