Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Bentuk Tombol Start Windows 8.1

Kompas.com - 30/05/2013, 17:08 WIB

KOMPAS.com — Kerinduan pengguna Windows terhadap tombol Start yang dihilangkan di Windows 8 segera terobati.

Meski belum pasti "kembali", sebuah screenshot yang memperlihatkan tombol Start tersebut beredar di internet. Letaknya masih sama, di ujung kiri bawah layar. Namun, ia hadir dengan bentuk baru, yaitu logo Windows 8.

Sedikit berbeda dengan tombol Start di Windows 7 dan Windows versi sebelumnya, warna tombol tersebut akan berubah saat mouse digeser di atasnya.

Untuk fungsinya, bila dulu tombol Start saat ditekan akan memunculkan daftar menu, di Windows 8.1 yang akan ditampilkan adalah Start Screen yang berisi daftar aplikasi. Meski demikian, latar belakang pada Start Screen bisa disamakan dengan desktop. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan pengalaman yang sama saat mengakses desktop.

Seperti dikutip dari ZDNet, tombol tersebut akan kembali hadir di Windows 8.1 yang sebelumnya dirumorkan bernama Windows Blue.

Selain tombol Start, fitur lain yang kemungkinan hadir kembali adalah "boot-to-desktop". Fitur ini memungkinkan booting komputer langsung ke lingkungan desktop Windows, tanpa harus melalui Start Screen terlebih dahulu.

Opsi itu pun kabarnya bakal menjadi pilihan default pengguna. Booting ke Start Screen seperti pada Windows 8 bisa dipilih apabila diinginkan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com