Nokia Kalah di Rumah Sendiri

Kompas.com - 31/05/2013, 14:49 WIB
EditorReza Wahyudi

Ponsel Nokia Asha 501.

KOMPAS.com — Finlandia adalah rumah bagi Nokia. Di sinilah Nokia berpusat dan memulai karier panjangnya. Nokia pun menjadi kebanggaan penduduk.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, penduduk Finlandia mulai terlihat berpaling dari Nokia. Dalam laporannya, lembaga riset IDC mengungkapkan, jumlah perangkat Nokia yang berhasil dijual di negara tersebut sedikit kalah dari Samsung.

Pada kuartal pertama tahun fiskal 2013, Samsung berhasil menjual 587.000 perangkat, baik itu smartphone maupun ponsel. Secara detail, 73 persen dari penjualan tersebut adalah perangkat smartphone.

Dengan jumlah penjualan tersebut, Samsung berhasil menguasai 36 persen pangsa pasar Finlandia. Sedangkan Nokia mulai tertinggal dengan mendapatkan 33 persen saja.


idc_chart


Dikutip dari Android Beat, Jumat (31/5/2013), ini merupakan kali pertama bagi Nokia kalah dari Samsung di rumahnya sendiri. Tentu, hal tersebut merupakan peringatan bagi Nokia untuk segera berubah.

Lebih lanjut, Apple pun terlihat tidak mampu berbicara banyak. Pangsa pasar iPhone berada jauh di bawah kedua perusahaan besar tersebut, yaitu hanya 14 persen.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X