Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia Kalah di Rumah Sendiri

Kompas.com - 31/05/2013, 14:49 WIB

Ponsel Nokia Asha 501.

KOMPAS.com — Finlandia adalah rumah bagi Nokia. Di sinilah Nokia berpusat dan memulai karier panjangnya. Nokia pun menjadi kebanggaan penduduk.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, penduduk Finlandia mulai terlihat berpaling dari Nokia. Dalam laporannya, lembaga riset IDC mengungkapkan, jumlah perangkat Nokia yang berhasil dijual di negara tersebut sedikit kalah dari Samsung.

Pada kuartal pertama tahun fiskal 2013, Samsung berhasil menjual 587.000 perangkat, baik itu smartphone maupun ponsel. Secara detail, 73 persen dari penjualan tersebut adalah perangkat smartphone.

Dengan jumlah penjualan tersebut, Samsung berhasil menguasai 36 persen pangsa pasar Finlandia. Sedangkan Nokia mulai tertinggal dengan mendapatkan 33 persen saja.


idc_chart


Dikutip dari Android Beat, Jumat (31/5/2013), ini merupakan kali pertama bagi Nokia kalah dari Samsung di rumahnya sendiri. Tentu, hal tersebut merupakan peringatan bagi Nokia untuk segera berubah.

Lebih lanjut, Apple pun terlihat tidak mampu berbicara banyak. Pangsa pasar iPhone berada jauh di bawah kedua perusahaan besar tersebut, yaitu hanya 14 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com