Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rakyat AS Masih Kehilangan Separuh Kekayaan

Kompas.com - 31/05/2013, 14:58 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Bank sentral AS menyimpulkan bahwa kekayaan rumah tangga-rumah tangga Amerika baru pulih kurang dari separuh dari yang mereka miliki sebelum resesi parah pada 2008 dan 2009.

Cabang regional Federal Reserve di St Louis, Missouri, mengatakan, keluarga-keluarga Amerika mengakumulasi kekayaan bersih sebesar 66 triliun dollar sampai akhir tahun lalu.

Namun, jumlah itu hanya 45 persen dari yang telah dikumpulkan oleh rumah tangga-rumah tangga Amerika pada 2007, dalam bulan-bulan sebelum terjadi resesi terparah di Amerika sejak 1930-an.

Bank sentral Amerika mengatakan, kesimpulan yang menyatakan kerusakan ekonomi akibat resesi sebagian besar telah diperbaiki "tidak dapat dibenarkan."

Dengan melonjaknya indeks saham AS ke tingkat tertinggi dalam beberapa pekan ini, sebagian pakar menyimpulkan rumah tangga-rumah tangga Amerika telah mendapatkan kembali hampir semua kekayaan yang hilang. Namun, laporan itu mengatakan kenaikan pasar saham terutama hanya menguntungkan keluarga-keluarga kaya.

Dikatakan bahwa orang muda, orang yang kurang berpendidikan, serta warga keturunan Afrika dan Hispanik kehilangan bagian terbesar dari kekayaan mereka dalam resesi itu. Laporan tersebut mengatakan utang pribadi dan kesulitan mereka untuk bangkit kembali telah memainkan peran penting dalam pemulihan ekonomi yang lesu di Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com