AS Izinkan iPhone Dijual di Iran

Kompas.com - 31/05/2013, 15:06 WIB
EditorReza Wahyudi

iPhone diharapkan bisa menjadi penangkal kebijakan pembungkaman yang diberlakukan pemerintah.

Amerika Serikat meringankan larangan penjualan telepon seluler dan perangkat komunikasi lainnya serta peranti lunak untuk warga Iran.

Kebijakan ini ditujukan unbtuk mempromosikan kebebasan berpolitik warga Iran, sekaligus tandingan atas upaya Teheran yang disebut AS sebagai ''pembungkaman warga''.

Perubahan kebijakan ini akan membuat iPhone buatan Apple untuk pertama kalinya bisa diekspor secara sah ke Iran.

Sebelumnya, AS mengetatkan sanksi untuk Iran dalam beberapa tahun terakhir sebagai upaya untuk memaksa Iran mengurangi program nuklirnya.

AS meyakini Iran tengah memperkaya uranium ke tingkat yang bisa digunakan sebagai senjata nuklir, tetapi hal ini dibantah Iran dengan menyebutnya sebagai kepentingan damai.

''Rakyat Iran semestinya bisa berkomunikasi dan mengakses informasi tanpa menjadi subyek pembalasan dari pemerintahan mereka sendiri,'' kata Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan.

"Langkah positif"

Meski kebijakan baru ini akan mengizinkan penjualan perlengkapan dan peranti lunak bagi warga Iran, tetapi larangan tetap berlaku bagi warga dan pejabat pemerintah yang masuk dalam daftar cekal AS.

"Kami sangat peduli terhadap warga Iran dan dalam kehidupan sehari-hari mereka,'' kata Wendy Sherman, Wakil Menteri Urusan Politik Departemen Luar Negeri AS, kepada BBC Persia.

"Izin baru ini akan membolehkan baik peranti lunak maupun perangkat keras untuk masuk ke Iran dan dimiliki warga Iran sehingga mereka bisa secara bebas berkomunikasi dengan yang lainnya dengan cara yang tidak selalu mereka miliki.''

Komisi Nasional Iran Amerika menyambut baik kebijakan ini.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X