HTC One "Android Murni" Resmi Dirilis

Kompas.com - 31/05/2013, 15:26 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Pihak Google akhirnya menjawab rumor seputar kemungkinan hadirnya HTC versi "polos".

Pada konferensi D11 yang diadakan oleh situs AllThingsD, bos baru divisi Android Sundar Pichai memperkenalkan HTC One yang disulap menjadi ponsel "Nexus". Artinya, ia tidak menjalankan sistem operasi di bawah antarmuka Sense 5 ala HTC, tetapi Android 4.2.2 Jelly Bean versi murni tanpa tambahan apa pun.

HTC One versi ini nantinya akan hadir dengan media penyimpanan internal sebesar 32GB dan bootloader yang tidak dikunci (unlocked bootloader). Penggunaan fitur ini dapat memudahkan pengembangan aplikasi Android.

Google sendiri yang akan langsung menangani pembaruan (update) software di perangkat HTC ini. Apabila ada Android versi baru, kemungkinan besar pengguna sudah bisa langsung mendapatkannya, tanpa perlu menunggu lama.

Sekadar informasi, apabila menggunakan skin buatan perusahaan, pengguna harus menunggu lama untuk mendapatkan update. Hal tersebut dapat terjadi karena biasanya perusahaan harus melakukan uji kompatibilitas antara skin dan sistem operasi baru.

Untuk awalnya, HTC One edisi ini hanya akan tersedia di Amerika Serikat melalui operator seluler AT&T dan T-Mobile yang mendukung jaringan LTE. Di Negeri Paman Sam, perangkat ini dibanderol dengan harga 600 dollar AS atau sekitar Rp 5,9 juta.

Dengan pengumuman ini, konsumen bisa memilih dua perangkat Android versi polos. Sebelumnya, di ajang Google I/O, raksasa internet tersebut sudah memperkenalkan Samsung Galaxy S4 versi ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bedanya, perangkat tersebut menggunakan memori internal hanya sebesar 16GB. Sisanya, baik itu fitur unlocked bootloader maupun operator yang mendukungnya, tidak ada perbedaan di antara HTC One dan Galaxy S4.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.