Setelah Tutup, Multiply "Tunjuk" Tokobagus

Kompas.com - 01/06/2013, 09:36 WIB
EditorReza Wahyudi

Setelah ditutup, situs web Multiply mengarahkan pengunjung ke Tokobagus.com.

JAKARTA, KOMPAS.com — Situs web jual beli online Multiply telah menutup layanan dan menghentikan kegiatan usahanya pada Jumat (31/5/2013). Situs Multiply, yang beralamat multiply.co.id kini menyarankan untuk mengunjungi Tokobagus.com dan Sulit.com.ph.

Ajakan tersebut terdapat di halaman utama Multiply. Seperti diketahui, Tokobagus.com merupakan situs web iklan baris asal Indonesia, sedangkan Sulit.com.ph berasal dari Filipina, yang juga menawarkan layanan iklan baris.

Keduanya merupakan perusahaan yang diinvestasi oleh Myriad International Holdings (MIH)/Naspers, yang tak lain adalah investor Multiply.

Setelah mempertimbangkan secara strategis, MIH memutuskan untuk menutup bisnis marketplace yang dilakoni Multiply. "Multiply diperkirakan tidak akan bisa mencapai posisi terdepan di industri e-commerce dengan model bisnis yang berkesinambungan," tulis Multiply dalam siaran pers penutupan layanan pada 26 April 2013.

Kabar penutupan Multiply ini sontak mengejutkan industri e-commerce di Indonesia. Kendati demikian, tutupnya layanan Multiply ini diprediksi tidak mengganggu ekosistem e-commerce Tanah Air.

Pemerhati bisnis internet sekaligus direktur perusahaan pemodal ventura Ideosource, Andi S Boediman berpendapat, penutupan Multiply akan memberi efek positif untuk industri e-commerce. "Dari sisi industri, penutupan Multiply ini akan memberikan dampak akan banyak SDM berkualitas yang tiba-tiba tersebar ke seluruh e-commerce dan berbagi pengetahuan dan pengalaman menjalankan e-commerce," ujar Andi

Selain itu, karyawan yang punya pengalaman "ngelotok" soal bisnis internet juga diharapkan bisa membangun perusahaan baru. Investor tentu akan lebih percaya kepada mereka yang sudah punya pengalaman menjalankan bisnis internet.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X