Kompas.com - 02/06/2013, 09:44 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Smartphone Samsung Galaxy S4 dibekali dengan beragam fitur baru. Salah satunya adalah fitur "lirikan mata" alias kemampuan menjejak gerakan mata (eye-tracking).

Fitur untuk memicu fungsi-fungsi tertentu secara otomatis, misalnya menghentikan sementara (pause) video begitu pengguna mengalihkan pandangan ke luar layar.

Nah, rupanya Apple juga tertarik memiliki teknologi serupa. Seperti dikutip dari Cnet, Saingan besar Samsung ini mengajukan paten "Perangkat Elektronik dengan Kemampuan Deteksi Pandangan Mata". Sesuai namanya, paten menjelaskan fitur di mana sebuah perangkat bereaksi pada gerakan mata atau kepala pengguna.

Apple sendiri sebelumnya telah mengajukan teknologi ini sebagai bagian dari permohonan paten pada 20 September 2008. Tetapi kemudian perusahaan itu memutuskan untuk mengajukannya dalam sebuah paten terpisah.

 

Apple/ USPTO

Sementara itu, Samsung telah lebih dulu mengajukan paten untuk fitur bernama "Eye Pause" pada 24 Januari 2013.

Satu fitur bernama "Eye Scroll" menyusul pada bulan Februari, dan "Samsung Smart Scroll diajukan tanggal 8 Maret. Samsung pun memegang paten bernama "Peralatan dan metode deteksi wajah dan mata manusia" yang diajukan tahun 2000 dan dikabulkan pada 2003.

Produsen gadget lain yang juga tertarik dengan teknologi ini adalah LG melalui fitur bernama SmartVideo yang mengontrol playback video berdasarkan gerakan mata pengguna.

Melihat sejarah Apple dan Samsung, boleh jadi perang paten menyangkut teknologi pelacakan pandangan ini akan meletus apabila Apple mengimplementasikannya pada perangkat masa depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.