Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2013, 13:02 WIB

The Verge Google Now di iPhone

KOMPAS.com - Google selama ini hanya membuat aplikasi untuk platform iOS, dan tentu saja, Android. Google menyatakan keinginannya untuk membangun aplikasi di platform lain seperti Windows Phone 8 atau BlackBerry 10, tapi ada syarat yang harus dipenuhi.

Syarat itu adalah jumlah pengguna. Senior Wakil Presiden Google untuk Android, Chrome, dan Aplikasi, Sundar Pichai mengatakan, Google akan mulai membangun aplikasi native di Windows Phone 8 dan BlackBerry 10 jika jumlah penggunanya bertambah banyak.

"Kami ingin menjangkau sebanyak mungkin pengguna," ujar Pichai dalam konferensi teknologi yang diselenggarakan AllThingsD, Kamis (30/5/2013). "Untuk platform yang tidak memiliki skala pengguna yang banyak, kita memiliki aplikasi HTML5 yang banyak. Jika mereka mendapatkan lebih banyak pengguna, kita akan membuat aplikasi (layanan Google)."

Beberapa layanan Google seperti GMail, YouTube, Google Maps, Google Drive, dan Google Translate, terbilang penting untuk sebagian orang. Perusahaan sekelas Google tentu mempertimbangkan jumlah pengguna. Mereka tak ingin investasi uang dan waktu yang dikeluarkan tidak memberi hasil besar karena aplikasi tersebut tidak memiliki banyak pengguna.

Google belakangan ini sangat selektif dalam mengembangkan suatu produk. Perusahaan baru mematikan beberapa layanan yang dianggap kurang efektif dan hanya memiliki sedikit pengguna, termasuk Google Reader.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com