Bos Apple: Android Terbanyak, Bukan Terbaik

Kompas.com - 03/06/2013, 07:54 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

CEO Apple, Tim Cook.


KOMPAS.com — Bicara soal jumlah, dominasi Android di dunia smartphone sudah tak terbantahkan dengan pangsa pasar mencapai 75 persen menurut data kuartal pertama 2013 dari IDC. Apple berada di urutan kedua dengan market share 17,3 persen.

Meski terpisah cukup jauh dengan saingannya itu, CEO Apple Tim Cook percaya bahwa perusahaannya masih yang terdepan di bisnis gadget mobile. "Buat kami, ini bukan soal jumlah yang paling banyak," ujar Cook dalam konferensi tahunan AllThingsD, seperti dikutip oleh TechRadar.

Produk yang terbaik dari segi kualitas, menurut Cook, memang belum tentu yang paling banyak terjual. Itulah yang disebutnya terjadi pada beberapa perangkat buatan Apple. "Kami membikin PC terbaik, tapi bukan yang paling banyak (terjual), begitu juga dengan MP3 player."

Lain ceritanya dengan tablet. Di segmen ini, Cook mengatakan bahwa Apple memproduksi perangkat yang terbaik dan paling laku. Tablet iPad buatan Apple memang masih memiliki pangsa terbesar dengan 39,6 persen pada kuartal pertama 2013, meski turun dari 58,1 persen tahun sebelumnya.

Kunci keunggulan iPad, menurut Cook, terletak pada keterlibatan pengguna yang lebih tinggi pada perangkat tersebut dibandingkan tablet Android.

"Sebuah riset mengungkapkan bahwa transaksi e-commerce yang dilakukan lewat iPad dua kali lebih besar dibandingkan semua perangkat Android digabungkan," imbuh Cook, "Saya sendiri memakai iPad untuk memenuhi sebagian kebutuhan komputasi. Hal tersebut tak terdengar dari pengguna tablet Android."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memperkuat argumennya, Cook mengutip indeks kepuasan konsumen terhadap Apple (ASCI) dan mengatakan bahwa iPad dan iPhone menghasilkan angka consumer satisfaction terbesar di kategori masing-masing. "Kami ingin merengkuh konsumen dari segala umur… dari segala kalangan."

Tentu, pendapat di atas datang dari seorang Tim Cook yang merupakan bos Apple. Opini pengguna Android bisa saja berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.