Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Apple: Android Terbanyak, Bukan Terbaik

Kompas.com - 03/06/2013, 07:54 WIB

CEO Apple, Tim Cook.


KOMPAS.com — Bicara soal jumlah, dominasi Android di dunia smartphone sudah tak terbantahkan dengan pangsa pasar mencapai 75 persen menurut data kuartal pertama 2013 dari IDC. Apple berada di urutan kedua dengan market share 17,3 persen.

Meski terpisah cukup jauh dengan saingannya itu, CEO Apple Tim Cook percaya bahwa perusahaannya masih yang terdepan di bisnis gadget mobile. "Buat kami, ini bukan soal jumlah yang paling banyak," ujar Cook dalam konferensi tahunan AllThingsD, seperti dikutip oleh TechRadar.

Produk yang terbaik dari segi kualitas, menurut Cook, memang belum tentu yang paling banyak terjual. Itulah yang disebutnya terjadi pada beberapa perangkat buatan Apple. "Kami membikin PC terbaik, tapi bukan yang paling banyak (terjual), begitu juga dengan MP3 player."

Lain ceritanya dengan tablet. Di segmen ini, Cook mengatakan bahwa Apple memproduksi perangkat yang terbaik dan paling laku. Tablet iPad buatan Apple memang masih memiliki pangsa terbesar dengan 39,6 persen pada kuartal pertama 2013, meski turun dari 58,1 persen tahun sebelumnya.

Kunci keunggulan iPad, menurut Cook, terletak pada keterlibatan pengguna yang lebih tinggi pada perangkat tersebut dibandingkan tablet Android.

"Sebuah riset mengungkapkan bahwa transaksi e-commerce yang dilakukan lewat iPad dua kali lebih besar dibandingkan semua perangkat Android digabungkan," imbuh Cook, "Saya sendiri memakai iPad untuk memenuhi sebagian kebutuhan komputasi. Hal tersebut tak terdengar dari pengguna tablet Android."

Untuk memperkuat argumennya, Cook mengutip indeks kepuasan konsumen terhadap Apple (ASCI) dan mengatakan bahwa iPad dan iPhone menghasilkan angka consumer satisfaction terbesar di kategori masing-masing. "Kami ingin merengkuh konsumen dari segala umur… dari segala kalangan."

Tentu, pendapat di atas datang dari seorang Tim Cook yang merupakan bos Apple. Opini pengguna Android bisa saja berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com