Pendapatan Aplikasi Android Kalah dari iOS

Kompas.com - 03/06/2013, 10:51 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Tidak bisa dimungkiri, saat ini sistem operasi Android mampu mengalahkan iOS untuk masalah jumlah penjualan perangkat mobile secara global. Namun, para pengembang aplikasi (developer) ternyata malah lebih menghasilkan uang dari sistem operasi mobile buatan Apple.

Berdasarkan laporan perusahaan analis aplikasi Distimo, yang dikutip BGR, Sabtu (1/6/2013), pada bulan April 2012, jumlah pendapatan yang didapatkan aplikasi di Google Play versus iOS adalah 19 persen berbanding 81 persen.

Kemudian, pada April 2013, pendapatan aplikasi di Google Play mulai meningkat, yaitu 27 persen berbanding 73 persen. Namun, masih cukup jauh untuk mendapatkan perbandingan yang setara.

Meskipun begitu, di pasaran mobile tertentu, Google berhasil melewati Apple. Salah satunya terkait dengan aplikasi WhatsApp.

Pendapatan WhatsApp di Eropa lebih banyak didapatkan dari Google Play dibandingkan App Store. Di Jerman, mereka memperoleh 290.000 dollar AS dari Google Play. Sedangkan dari iOS App Store, hanya mampu mendapatkan 207.000 dollar AS.  

Di Spanyol, Google mengalahkan Apple lebih hebat lagi. WhatsApp mendapatkan 90 persen pendapatannya dari Google Play.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk wilayah Amerika Serikat, jumlah revenue perusahaan ini sebagian besar berasal dari iOS. WhatsApp mendapatkan 355.000 dollar AS dari App Store dan 41.000 dollar AS dari Google Play.

Ya, WhatsApp memang mampu menolong Google di beberapa wilayah tertentu. Namun, apabila hanya bergantung pada beberapa aplikasi, Google mungkin tidak akan pernah mengungguli iOS dari segi pendapatan aplikasi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.