Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendapatan Aplikasi Android Kalah dari iOS

Kompas.com - 03/06/2013, 10:51 WIB

KOMPAS.com — Tidak bisa dimungkiri, saat ini sistem operasi Android mampu mengalahkan iOS untuk masalah jumlah penjualan perangkat mobile secara global. Namun, para pengembang aplikasi (developer) ternyata malah lebih menghasilkan uang dari sistem operasi mobile buatan Apple.

Berdasarkan laporan perusahaan analis aplikasi Distimo, yang dikutip BGR, Sabtu (1/6/2013), pada bulan April 2012, jumlah pendapatan yang didapatkan aplikasi di Google Play versus iOS adalah 19 persen berbanding 81 persen.

Kemudian, pada April 2013, pendapatan aplikasi di Google Play mulai meningkat, yaitu 27 persen berbanding 73 persen. Namun, masih cukup jauh untuk mendapatkan perbandingan yang setara.

Meskipun begitu, di pasaran mobile tertentu, Google berhasil melewati Apple. Salah satunya terkait dengan aplikasi WhatsApp.

Pendapatan WhatsApp di Eropa lebih banyak didapatkan dari Google Play dibandingkan App Store. Di Jerman, mereka memperoleh 290.000 dollar AS dari Google Play. Sedangkan dari iOS App Store, hanya mampu mendapatkan 207.000 dollar AS.  

Di Spanyol, Google mengalahkan Apple lebih hebat lagi. WhatsApp mendapatkan 90 persen pendapatannya dari Google Play.

Sedangkan untuk wilayah Amerika Serikat, jumlah revenue perusahaan ini sebagian besar berasal dari iOS. WhatsApp mendapatkan 355.000 dollar AS dari App Store dan 41.000 dollar AS dari Google Play.

Ya, WhatsApp memang mampu menolong Google di beberapa wilayah tertentu. Namun, apabila hanya bergantung pada beberapa aplikasi, Google mungkin tidak akan pernah mengungguli iOS dari segi pendapatan aplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com