Kompas.com - 03/06/2013, 12:49 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Siapa bilang produk tablet berbasis Windows 8 harus berukuran layar besar? Nyatanya, produsen komputer asal Taiwan, Acer, mampu menghasilkan produk dengan layar yang cukup mini, yaitu sekitar 8 inci.

Sekadar informasi, tablet Windows 8 yang beredar selama ini rata-rata berukuran 10,1 hingga 13,3 inci.

Pada ajang pameran komputer Computex 2013 yang sedang berlangung di Taipei, Taiwan, Acer memperkenalkan tablet terbarunya, Iconia W3. Ini merupakan perangkat berbasis Windows 8 full, bukan Windows RT, pertama di dunia yang berukuran layar 8 inci.

Produk ini terlihat cukup kecil. Ia memiliki ketebalan hanya 0,45 inci dan bobot sekitar 0,5 kg.

Meski memiliki ukuran yang kecil, perangkat tersebut sudah dilengkapi spesifikasi hardware yang cukup bertenaga untuk ukuran sebuah tablet. Iconia W3 dipersenjatai dengan prosesor Intel, Atom Z2760 Clover Trail. Sayangnya, tidak disebutkan berapa besar RAM yang dimilikinya.

Terdapat dua versi kapasitas media penyimpanan, yaitu 32 dan 64GB. Apabila tidak puas, pengguna masih bisa memperluasnya dengan menggunakan kartu microSD.

Tersedia pula secara opsional keyboard ukuran penuh, yang mampu menyulap perangkat ini berubah menjadi mini notebook.

Harga yang dibanderol oleh Acer untuk Iconia W3 adalah 379 dollar AS atau sekitar Rp3,6 juta. Sayangnya, Acer masih belum mau membeberkan, kapan produk ini hadir di pasaran.

Ajang Computex 2013 akan berjalan dari 4 hingga 8 Juni 2013. Namun, biasanya, memang banyak perusahaan yang sudah melakukan pengumuman sehari sebelum pameran benar-benar dimulai.

Di ajang ini diperkirakan akan ada banyak perusahaan yang memperkenalkan tablet Windows 8 berukuran mini, termasuk Microsoft yang kabarnya akan meluncurkan tablet Surface 7 inci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.