Kompas.com - 03/06/2013, 16:28 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


KOMPAS.com - Menjelang pameran Computex 2013 tanggal 4 Juni besok di Taiwan, Intel mengumumkan sejumlah model prosesor Core i Generasi ke-4 (Haswell). Batch pertama ini terdiri dari model-model quad core papan atas untuk desktop dan mobile.

Total terdapat lima model prosesor laptop Core i7 dan 12 prosesor desktop Core i7 dan Core i5 yang diperkenalkan.

Seperti dikutip dari Venture Beat, untuk chip mobile, di urutan teratas ada Core i7 4930MX (3-3,9 GHz, 57 watt) seharga 1.096 dollar AS atau sekitar Rp 10,5 juta.

Di bawahnya menyusul Core i7-4800MQ dan Core i7-4900MQ yang masing-masing dihargai 278 dollar AS dan 568 dollar AS. Ketiga prosesor ini diperkuat pemroses grafis Intel 4600. Intel berencana merilis 13 model prosesor Haswell seri M tahun ini.

Ada pula chip mobile seri H berupa Core i7-4850HQ yang dibanderol seharga 468 dollar AS dan memiliki rentang frekuensi kerja 2,3 GHz hingga 3,5 GHz. Model lain dalam seri ini adalah Core i7-4950HQ (657 dollar AS) dengan rentang frekuensi 2,4 GHz hingga 3,6 GHz.

Kedua chip di atas mengkonsumsi daya sebesar 47 watt dan dilengkapi pemroses grafis high-end Iris. Tahun ini, ada enam model chip Haswell seri H yang akan dirilis.

Untuk desktop, Intel mengumumkan beberapa chip dengan range harga 192 dollar AS hingga 339 dollar AS. Kecepatan mereka bervariasi antara 3 Ghz hingga 3,9 GHz.

Chip desktop di urutan teratas (339 dollar AS) adalah Core i7-4770K yang diklaim sanggup menjalankan game StarCraft II: The Heart of the Swarm dengan frame rate 62 FPS. Sebagai prosesor dengan multiplier terbuka, kecepatan chip ini juga bisa digenjot lebih jauh dengan mudah melalui teknik overclocking.

Momen penting

Model-model prosesor baru yang mengusung arsitektur Haswell ini dijanjikan bakal meningkatkan daya tahan baterai notebook hingga 50 persen dibandingkan generasi terdahulu (Ivy Bridge), dengan kemampuan olah grafis yang dua kali lebih kencang.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.