Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Gaming Bakal Langsing dan Hemat Baterai

Kompas.com - 04/06/2013, 09:22 WIB

KOMPAS.com - Laptop gaming biasanya identik dengan tubuh bongsor dan daya tahan baterai rendah. Namun, dengan lini kartu grafis (GPU) GeForce 700M yang diperkenalkan minggu lalu, Nvidia mengklaim bakal menciutkan ukuran perangkat tersebut.

Nvidia mengatakan hal itu akan bisa dicapai lewat peningkatan efisiensi daya kartu grafis yang turut didukung oleh penggunaan prosesor Intel Core Generasi ke-4 (Haswell) pada laptop gaming masa depan. Aspek kinerja pun diklaim bakal turut meningkat dibanding generasi terdahulu.

Seperti dikutip dari SlashGear, terdapat empat jenis GPU dalam keluarga GeForce 700M yang diperkenalkan Nvidia, yaitu GeForce GTX 780M, GeForce GTX 770M, GeForce GTX 765M, dan GeForce GTX 760M.

Perbedaan di antara keempatnya terletak pada jumlah CUDA Cores (shader processor), frekuensi kerja, serta jumlah dan bandwidth memori.

GeForce GTX 780M diklaim sebagai GPU mobile terkencang di dunia dan sanggup menjalankan game dengan setting "Ultra" pada resolusi 1080p (1920x1080), sementara GeForce GTX 760M disebut mampu menangani setting "High" di tingkat resolusi yang sama.

Keempat model GeForce 700M ini seluruhnya menggunakan arsitektur "Kepler" dan mendukung teknologi Optimus dari Nvidia yang menghemat pemakaian daya dengan mematikan GPU selagi tidak digunakan.

Informasi harga dan jadwal rilis GeForce 700M akan menyusul diumumkan oleh Nvidia. 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com