Kompas.com - 04/06/2013, 09:22 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Laptop gaming biasanya identik dengan tubuh bongsor dan daya tahan baterai rendah. Namun, dengan lini kartu grafis (GPU) GeForce 700M yang diperkenalkan minggu lalu, Nvidia mengklaim bakal menciutkan ukuran perangkat tersebut.

Nvidia mengatakan hal itu akan bisa dicapai lewat peningkatan efisiensi daya kartu grafis yang turut didukung oleh penggunaan prosesor Intel Core Generasi ke-4 (Haswell) pada laptop gaming masa depan. Aspek kinerja pun diklaim bakal turut meningkat dibanding generasi terdahulu.

Seperti dikutip dari SlashGear, terdapat empat jenis GPU dalam keluarga GeForce 700M yang diperkenalkan Nvidia, yaitu GeForce GTX 780M, GeForce GTX 770M, GeForce GTX 765M, dan GeForce GTX 760M.

Perbedaan di antara keempatnya terletak pada jumlah CUDA Cores (shader processor), frekuensi kerja, serta jumlah dan bandwidth memori.

GeForce GTX 780M diklaim sebagai GPU mobile terkencang di dunia dan sanggup menjalankan game dengan setting "Ultra" pada resolusi 1080p (1920x1080), sementara GeForce GTX 760M disebut mampu menangani setting "High" di tingkat resolusi yang sama.

Keempat model GeForce 700M ini seluruhnya menggunakan arsitektur "Kepler" dan mendukung teknologi Optimus dari Nvidia yang menghemat pemakaian daya dengan mematikan GPU selagi tidak digunakan.

Informasi harga dan jadwal rilis GeForce 700M akan menyusul diumumkan oleh Nvidia. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.