Lagi, Microsoft Mengolok-olok iPad

Kompas.com - 04/06/2013, 09:50 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Microsoft agaknya sedang agresif di pasaran tablet. Setelah mengeluarkan rentetan iklan yang mengejek iPad bikinan Apple, raksasa software tersebut kini meluncurkan sebuah situs khusus yang menyajikan perbandingan iPad dengan tablet berbasis Windows 8.

Seperti dikutip dari The Verge, dalam situs tersedia empat tablet Windows 8 yang bisa dijadikan pembanding iPad (generasi ke-4, 64GB), yaitu Asus VivoTab Smart, Dell XPS 10, Hy Envy x2, dan Surface buatan Microsoft sendiri.

Sejumlah parameter dalam perbandingan sepintas tampak "adil", misalnya daya tahan baterai, bobot, kemampuan multi-tasking dan ukuran layar.

Namun, Microsoft juga memasukkan keberadaan aplikasi Office pada Windows 8 sebagai salah satu poin keunggulan platform tersebut, sementara iPad disebutkan hanya memiliki aplikasi OneNote.

Microsoft tak lupa mencantumkan harga masing-masing perangkat di akhir perbandingan, di mana banderol keempat tablet Windows 8 digambarkan lebih rendah daripada iPad 64GB. Microsoft sepertinya ingin menunjukkan betapa mahalnya harga iPad dibanding tablet Windows 8.

Selengkapnya, situs tersebut bisa dikunjungi lewat tautan ini.

Menurut data kuartal pertama 2013 dari IDC, tablet Windows 8 mencatat pertumbuhan shipment 700 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan pangsa pasar 3,3 persen yang juga meningkat dari 1 persen pada kuartal pertama 2012.

Namun, platform Windows yang duduk di urutan ketiga dalam pasaran tablet masih tertinggal jauh dari Android dan iOS (iPad) yang masing-masing memiliki pangsa 56,5 persen dan 39,6 persen.

Akan berhasilkah upaya Microsoft mendorong pertumbuhan tablet Windows 8 dengan menyerang langsung pesaingnya? 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X