Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ponsel Android Rp 7,5 Juta, Mana Terbaik?

Kompas.com - 04/06/2013, 10:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Semua ponsel pintar Android papan atas dari tiga produsen besar sudah masuk ke pasar Indonesia. Samsung mengandalkan Galaxy S4, Sony dengan Xperia Z, dan HTC menaruh harapan besar pada HTC One.

Persaingan ketiga ponsel tersebut menjadi menarik untuk diperhatikan. Semuanya mengincar segmen premium, dibanderol seharga Rp 7,5 juta, dan masing-masing memiliki fitur andalan.

Sebelum masuk ke fitur, KompasTekno mengajak Anda untuk membandingkan spesifikasi perangkat keras yang digunakan ketiga ponsel tersebut.

Galaxy S4 vs Xperia Z vs HTC One

Setelah melihat perbedaan perangkat keras, sekarang saatnya membahas fitur dan keunggulan masing-masing produk.

Samsung Galaxy S4

Ponsel dari produsen Korea Selatan ini disematkan banyak fitur. Ada beberapa fitur unik di Galaxy S4. Tetapi, setidaknya ada 5 fitur yang bermanfaat dan membuat Galaxy S4 berbeda dari ponsel lainnya.

Pertama adalah Air Gestures yang membuat ponsel ini dapat menggulirkan layar tanpa pengguna harus menyentuhkan jarinya ke layar. Cukup taruh jari tidak jauh dari layar, lalu gerakkan jari, kemudian akan ada reaksi sesuai perintah yang Anda inginkan.

Anda juga bisa menavigasi layar dengan mata berkat fitur Smart Scroll. Saat pengguna sedang membaca artikel dan pandangan mata berada di ujung atas atau bawah layar, fitur canggih ini secara otomatis akan menggulirkan layar ke bawah atau ke atas untuk menampilkan paragraf selanjutnya.

Smart Pause berfungsi ketika Anda sedang menonton video. Fitur ini mampu menjeda (pause) video ketika mata pengguna tidak menatap layar.

Fitur terakhir yang bermanfaat adalah Dual Camera. Pengguna dapat merekam video atau memotret foto dengan kamera depan dan belakang yang ada di Galaxy S4.

Nah, beberapa fitur di atas dideteksi oleh sensor canggih. Secara keseluruhan ada 9 sensor yang dibenamkan di Galaxy S4, yakni sensor suhu, akselerometer, sensor RGB, sensor jarak, sensor pengenal wajah lewat kamera, sensor jari "melayang", sampai sensor perintah suara.

Dalam waktu dekat ini, KompasTekno akan menayangkan artikel yang mengulas secara tuntas produk Galaxy S4. Pastikan Anda memantau www.tekno.kompas.com.

Sony Xperia Z

Ponsel dengan desain elegan diselimuti material kaca antipecah dan antigores di bagian belakang. Sony menyebut Xperia Z sebagai super phone lantaran ia mewarisi harta teknologi yang dimiliki Sony di sektor layar, audio, dan kamera.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com