120 Ribu Wi-Fi Dibangun di Jawa Barat

Kompas.com - 04/06/2013, 13:44 WIB
EditorReza Wahyudi

sxc.hu Ilustrasi

KOMPAS.com - Jawa Barat akan membangun 120.000 titik Wi-Fi hingga 2014. Saat ini, 2.000 titik hotspot sudah terpasang di sejumlah tempat umum, sekolah, dan perkantoran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Dudi Sudrajat, Senin (3/6), menjelaskan, infrastruktur broadband dalam rangka program sejuta Wi-Fi Indonesia terus dipacu. Sarana saluran serat optik (fiber optic ducting) bawah tanah, misalnya, pekan lalu dibangun di Kota Bandung.

Agus Fitriandi, Direktur Utama PT Jabar Telematika, pelaksana proyek itu, menjelaskan, ducting bersama itu merupakan bagian dari Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Yakni, perkuatan konektivitas nasional melalui program National Broadband Network. PT Jatel sebagai anak perusahaan BUMD Jawa Barat mempunyai kewajiban mendorong terealisasinya pengoperasian ducting bersama.

Tahap awal, dibangun sarana saluran kabel serat optik bawah tanah secara bersama sepanjang 111,5 km dengan jumlah selongsong 28 unit senilai Rp 47 miliar. Selain meningkatkan konektivitas nasional, program ducting bersama ini juga akan memberikan keuntungan multiplier effect bagi pemerintah daerah.

Saat ini, PT Jatel telah menyelesaikan pemasangan serat optik sepanjang 97 km dan sedang mempersiapkan pembangunan pusat data yang berstandar internasional di Kota Bandung.

”Kami berharap peningkatan kapasitas ini bisa mendukung berbagai kebutuhan seperti pendidikan, kesehatan, dan perekonomian yang berujung pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Dudi.

Penataan jaringan serat optik dilakukan di Kota Bandung dengan memindahkannya ke saluran serat optik berkecepatan tinggi di bawah tanah. (DMU



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X