Awas, Ada "Kutu" di Galaxy S III

Kompas.com - 05/06/2013, 14:55 WIB
EditorReza Wahyudi

Samsung Samsung Galaxy S4 dan Galaxy S III

KOMPAS.com - Beberapa peneliti asal University of Massachusetts berhasil menemukan sebuah "kutu" (bug) yang menghinggapi browser bawaan di Samsung Galaxy S III. Bug ini disinyalir dapat membuat penggunanya membayar pulsa lebih mahal dari biasanya.

Menurut para peneliti yang terdiri dari Emmanuel Cecchet, Robert Sims, Xin He, dan Prashant Shenoy bug ini membuat browser mengunduh gambar lebih banyak dari seharusnya dan juga meningkatkan waktu proses sebuah halaman. Kedua hal ini membuat bandwidth internet yang diperlukan meningkat.

Bug tersebut mereka temukan saat sedang menguji aplikasi benchmark Quality of Experience (QoE) yang akan ditampilkan hasilnya pada acara IEEE Symposium di Montreal, Kanada, Minggu ini.

"Saat menghasilkan hasil kami pada beberapa perangkat dan jaringan untuk jejak Wikipedia, kami menyadari secara signifikan latency yang lebih tinggi untuk ponsel pintar Samsung S3, baik di jaringan WiFi maupun 3G," tulis para peneliti tersebut, seperti dikutip dari Phone Arena, Rabu (5/6/2013).

Penyebab masalah ini, menurut kuartet peneliti tersebut, adalah srcset HTML yang mengizinkan perangkat mobile untuk mengunduh gambar dengan ukuran yang tepat untuk sebuah perangkat. Pada perangkat Galaxy S3 sendiri, srcset HTML mengunduh semua gambar yang menghasilkan waktu load yang lebih panjang dan tentunya penggunaan paket data yang lebih besar.

Meskipun begitu, masalah ini tampaknya tidak berdampak terhadap semua produk karena srcset ini sedang disusun (draft) dan tidak digunakan di semua produk.

Tidak ingin terkena bug ini, sebaiknya gunakan browser lain, selain browser bawaan Android, seperti Chrome dan Firefox.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X