Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan BlackBerry 10 CDMA Masuk Indonesia?

Kompas.com - 05/06/2013, 15:25 WIB

oik yusuf/ kompas.com

BANDUNG, KOMPAS.com - Ponsel pintar BlackBerry Z10 dan Q10 yang masuk pasar Indonesia hanya tersedia untuk jaringan seluler GSM. Lalu, kapan ponsel BlackBerry 10 berbasis CDMA hadir di Indonesia?

Untuk saat ini, BlackBerry mengaku belum tertarik memasarkan ponsel BlackBerry 10 yang mendukung jaringan CDMA.

Hal ini dikarenakan BlackBerry Z10 dan Q10 mengincar segmen pasar premium. Sementara itu, menurut Senior Country Product Manager BlackBerry Southeast Asia, Ardo Fadhola, selama ini pelanggan CDMA di Indonesia berasal dari segmen pasar menengah ke bawah.

"Belum tentu pemakai CDMA mau beli BlackBerry Z10 atau Q10 karena target pasarnya tidak pas. Kecuali kalau nanti kami merilis BlackBerry 10 harga terjangkau, bisa saja kita datangkan ponsel yang dukung CDMA. Itu pun kalau ada permintaan di pasar," jelas Ardo di sela acara peluncuran BlackBerry Q10 di Bandung, Selasa (4/6/2013).

Seperti diketahui, BlackBerry pada Mei lalu memperkenalkan ponsel harga terjangkau, yakni BlackBerry Q5. Ponsel ini ditujukan untuk negara berkembang, termasuk Indonesia. Namun, Ardo belum bisa memastikan kehadiran BlackBerry Q5 versi CDMA di Indonesia.

Ia menilai belum semua pelanggan CDMA memaksimalkan ponselnya untuk melakukan aktivitas yang berhubungan dengan layanan data (internet). Kebanyakan dari mereka lebih banyak menggunakan layanan seluler telepon dan SMS saja.

Nah, kebiasaan pelanggan CDMA ini dipandang tidak sejalan dengan tren ponsel BlackBerry 10 yang dioptimalkan untuk aktivitas berinternet. Ditambah lagi, operator seluler CDMA di Indonesia belakangan ini terbilang jarang mempromosikan layanan data, terkecuali Smartfren.

Sejauh ini, belum ada operator seluler CDMA yang melakukan pembicaraan dengan BlackBerry untuk mendatangkan ponsel BlackBerry 10 CDMA. Dalam menghadirkan ponsel ke Tanah Air, ada sejumlah langkah yang harus dilakukan termasuk uji jaringan frekuensi radio dan izin edar di pasar.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
BlackBerry 10

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com