Pengguna 3G di Indonesia Paling "Meledak"

Kompas.com - 05/06/2013, 18:56 WIB
EditorReza Wahyudi

sxc.hu Ilustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pengguna jaringan 3G dan 4G di Asia Tenggara akan "meledak" pada tahun 2016 mendatang. Menurut Bernhard Siagian, Country Manager Qualcomm Indonesia, mengutip Wireless Intelligence, akan ada peningkatan sekitar 226 persen di wilayah ini.

Pada tahun 2011 tercatat sudah ada 800 juta pengguna 3G dan 4G, maka diprediksi bakal ada 2,7 miliar pengguna 3G dan 4G pada tahun 2016 di wilayah Asia Tenggara.

Negara mana yang akan menyumbang peningkatan tertinggi? Menurut Bernhard, Indonesia akan menjadi negara dengan peningkatan tertinggi. "Peningkatan terbesar akan berasal dari Republik Indonesia," ujar Bernhard dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Selain itu, pengapalan perangkat smartphone di negara-negara berkembang, seperti di India, Amerika Latin, dan Indonesia, diprediksi akan menyentuh angka yang sangat besar di tahun 2016. Diprediksi, jumlah perangkat yang dikirim akan lebih dari 800 juta unit.

Lebih lanjut, Bernhard mengungkapkan, terdapat 46,2 juta perangkat berbasis jaringan 2G di Indonesia pada 2012. Sedangkan baru ada 6,7 juta perangkat 3G pada akhir tahun 2012. Kedua hal ini seperti ingin memperlihatkan masih besarnya potensi 3G di pasar Indonesia.

"Hal tersebut memperlihatkan potensi pasar yang tidak sedikit, peningkatan akan sangat besar. Ini tentunya bisa menjadi peluang bagi para operator," kata Bernhard.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X