Intel: Masa Depan Ada di "Bahasa Tubuh"

Kompas.com - 05/06/2013, 19:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

oik yusuf/ kompas.com

TAIPEI, KOMPAS.com - Impian tentang komputer yang bisa dikendalikan lewat berbagai macam "bahasa tubuh" seperti gerakan tangan, suara, pengenalan wajah, bahkan suhu badan sudah ada sejak lama. Tak lama lagi, boleh jadi hal tersebut bakal segera terwujud dan menjadi bagian dari keseharian pengguna komputer.

Itulah yang hendak diwujudkan oleh Intel melalui konsep "Perceptual Computing" yang diusungnya, di mana komputer menggunakan berbagai macam sensor untuk mendeteksi input dari pengguna, dalam bentuk "bahasa tubuh" seperti tersebut di atas.

"Tujuan kami adalah menjadikan ini hal yang umum," ujar Direktur Solusi dan Produk Perceptual Computing Intel Anil Nanduri dalam sesi demonstrasi hari Rabu (5/6/2013), di sela-sela gelaran Computex 2013 di Taipei. Dia mencontohkan teknologi WiFi yang terasa asing bagi konsumen pada tahun 2003, tetapi berubah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari komputer mobile saat ini.

Perceptual Computing mendeteksi wajah, suara, gerakan tangan (hingga ke tiap jari secara individual) dan jarak tubuh pengguna, lalu mengubahnya menjadi berbagai jenis input yang bisa ditentukan oleh software yang dipakai.

Perangkatnya sendiri sudah terwujud antara lain dalam bentuk kamera 3D-depth sensing Creative SenZ3D yang juga diperkenalkan oleh Intel pada Computex tahun ini. Kamera tersebut mampu mendeteksi jarak pengguna mulai 3-36 inci serta memiliki cakupan pandangan selebar 85 derajat.

Teknologi perceptual computing bisa diaplikasikan ke dalam game. Intel sendiri telah bekerja sama dengan produsen game Portal 2 untuk yang sepenuhnya bisa dikontrol memakai gerakan tangan. Dalam sesi demo yang bertempat di Hotel Grand Hyatt itu, Nanduri juga menunjukkan sejumlah software dan game yang bisa dikontrol lewat suara, termasuk dari jenis augmented reality. 

oik yusuf/ kompas.com Pengunjung mencoba bermain game Portal 2 dengan teknologi Perceptual Computing di booth Intel, pusat eksebisi Nangang, Taipei, Rabu (5/6/2013)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X