BlackBerry A10, Penerus Z10 Meluncur November

Kompas.com - 07/06/2013, 13:59 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Pada akhir Maret 2013, CEO BlackBerry Thorsten Heins pernah mengungkapkan, setelah BlackBerry Z10 dan Q10, perusahaan asal Kanada ini akan meluncurkan empat seri tambahan lagi. Salah satunya merupakan produk yang akan masuk ke jajaran high-end.

Belum lama ini, seri high-end yang masih dirahasiakan tersebut akhirnya terungkap. Kabarnya, produk ini akan diberi nama BlackBerry A10.

Dikutip dari Cnet, Jumat (7/6/2013), BlackBerry A10 ini nantinya akan menjadi seri penerus dari Z10. Ia akan dilengkapi layar full touch, sama seperti Z10.

BlackBerry A10 akan berada di urutan teratas alias produk berbasis BlackBerry 10 paling high-end, menggeser saudara tuanya, Z10 dan Q10 ke kelas menengah. Sedangkan produk Q5 yang baru saja diperkenalkan pada pertengahan Mei ini akan hadir sebagai strata terbawah/termurah di lini produk BlackBerry 10.

BlackBerry sendiri sebenarnya sudah akan memperkenalkan perangkat ini pada konferensi BlackBerry Live pada pertengahan Mei 2013, tetapi mereka belum siap untuk pengumuman tersebut. Hal tersebut diperkirakan karena BlackBerry tidak mau "menutupi" kemeriahan peluncuran perangkat dengan keyboard fisik Q10 pada bulan tersebut.

Perangkat tersebut kabarnya sudah sangat menarik perhatian salah satu operator Amerika Serikat, Sprint Nextel. Rumornya, operator tersebut sudah akan menjual perangkat ini pada bulan November 2013.

Sekadar informasi, Sprint merupakan salah satu operator di Amerika Serikat yang memutuskan untuk tidak menjual produk Z10. Seorang sumber membeberkan, Sprint mengambil keputusan tersebut karena lebih ingin menunggu kehadiran A10.

Spesifikasi dari A10 belum diketahui. Namun, dikatakan bahwa A10 sebenarnya memiliki nama kode Aristo yang sempat ramai dibicarakan pada tahun lalu. Perangkat tersebut dirumorkan memiliki prosesor quad-core 1,5GHz Krait buatan Qualcomm, layar sentuh OLED 4,65 inci, dan fitur jaringan LTE.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
BlackBerry 10

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.