Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2013, 15:20 WIB
EditorReza Wahyudi

Oik Yusuf/KompasTekno Sony Xperia Z

KOMPAS.com - Setelah Samsung dan HTC, Sony sepertinya tak mau ketinggalan meluncurkan smartphone Android "Google Edition".

Sony dikabarkan akan merilis Xperia Z dengan sistem operasi Android murni, tanpa antarmuka buatan Sony dan aplikasi-aplikasi bawaan (bloatware). Ponsel Android ini biasa disebut Google Edition atau Nexus Edition.

Berita ini pertama kali dilansir situs AndroidGeeks yang mendapat bocoran dari orang dalam Sony yang menolak disebut namanya.

Xperia Z versi Nexus ini, yang akan dibekali dengan Android 4.2.2 Jelly Bean atau bisa juga Android 4.3, disebutkan akan dirilis pada bulan Juli mendatang.

Jika rumor ini benar maka akan ada tiga Android Google Edition yang hadir di pasaran. Dua ponsel Android polos lainnya, adalah Galaxy S4 dan HTC One.

Sony sebenarnya merupakan vendor pertama yang menerapkan Android murni di smartphone-nya. Program Android Open Source Project (AOSP) yang diinisiasi oleh Sony ini telah berhasil menyuntikkan Android murni ke Xperia Z.

Namun, hasil percobaan tersebut urung dipasarkan massal karena dianggap dapat membingungkan penggunanya. Melihat antusias konsumen terhadap ponsel Android Google Edition, Sony pun berubah pikiran.

Sebagai informasi, kelebihan dari penggunaan Android murni ini adalah apabila ada Android versi baru, ponsel Google Edition bisa langsung mendapatkannya, tanpa perlu menunggu lama.

Jika menggunakan antarmuka bawaan vendor, pengguna harus menunggu lama untuk mendapatkan update. Hal tersebut dapat terjadi karena biasanya perusahaan harus melakukan uji kompatibilitas antara skin dan sistem operasi baru.

Berita, harga, dan review Sony Xperia Z dapat diikuti dari topik:
Xperia Z

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.