Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Siapkan Xperia Z "Android Murni"

Kompas.com - 07/06/2013, 15:20 WIB

Oik Yusuf/KompasTekno Sony Xperia Z

KOMPAS.com - Setelah Samsung dan HTC, Sony sepertinya tak mau ketinggalan meluncurkan smartphone Android "Google Edition".

Sony dikabarkan akan merilis Xperia Z dengan sistem operasi Android murni, tanpa antarmuka buatan Sony dan aplikasi-aplikasi bawaan (bloatware). Ponsel Android ini biasa disebut Google Edition atau Nexus Edition.

Berita ini pertama kali dilansir situs AndroidGeeks yang mendapat bocoran dari orang dalam Sony yang menolak disebut namanya.

Xperia Z versi Nexus ini, yang akan dibekali dengan Android 4.2.2 Jelly Bean atau bisa juga Android 4.3, disebutkan akan dirilis pada bulan Juli mendatang.

Jika rumor ini benar maka akan ada tiga Android Google Edition yang hadir di pasaran. Dua ponsel Android polos lainnya, adalah Galaxy S4 dan HTC One.

Sony sebenarnya merupakan vendor pertama yang menerapkan Android murni di smartphone-nya. Program Android Open Source Project (AOSP) yang diinisiasi oleh Sony ini telah berhasil menyuntikkan Android murni ke Xperia Z.

Namun, hasil percobaan tersebut urung dipasarkan massal karena dianggap dapat membingungkan penggunanya. Melihat antusias konsumen terhadap ponsel Android Google Edition, Sony pun berubah pikiran.

Sebagai informasi, kelebihan dari penggunaan Android murni ini adalah apabila ada Android versi baru, ponsel Google Edition bisa langsung mendapatkannya, tanpa perlu menunggu lama.

Jika menggunakan antarmuka bawaan vendor, pengguna harus menunggu lama untuk mendapatkan update. Hal tersebut dapat terjadi karena biasanya perusahaan harus melakukan uji kompatibilitas antara skin dan sistem operasi baru.

Berita, harga, dan review Sony Xperia Z dapat diikuti dari topik:
Xperia Z

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com