Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merrifield di Smartphone, Bay Trail di Tablet

Kompas.com - 07/06/2013, 16:23 WIB

oik yusuf/ kompas.com

TAIPEI, KOMPAS.com - Dunia gadget mobile yang berkembang sangat cepat menuntut para pemain yang terlibat di dalamnya mengikuti laju teknologi agar tidak tertinggal kompetisi.

Tak terkecuali Intel yang pada ajang Computex 2013 di Taiwan mengumumkan jadwal kedatangan prosesor-prosesor gadget generasi berikutnya.

Mulai tahun depan, Intel akan mengandalkan arsitektur "Silvermont" dengan teknologi fabrikasi 22nm yang akan terwujud dalam bentuk prosesor "Bay Trail" untuk tablet dan "Merrifield" yang ditujukan untuk smartphone. Kedua prosesor akan mengusung nama Atom yang selama ini memang digunakan Intel untuk SoC gadget buatan Intel.

Pada awal 2014, perangkat smartphone pertama dengan prosesor Merrifield" disebut sudah akan mulai beredar di pasaran.

"Pengirimannya ke konsumen akan start mulai akhir tahun ini," ujar General Manager Mobile and Communications Group Intel Hermal Eul dalam acara "Intel Inside Mobile" di Hotel Grand Hyatt Taipei, Rabu (5/6/2013), seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Oik Yusuf.

Merrifield

Dengan arsitektur Silvermont, Intel mengklaim Merrifield akan memberikan peningkatan performa smartphone hingga 50 persen dibandingkan prosesor generasi sebelumnya, di samping daya tahan baterai yang lebih lama dan kemampuan kamera yang lebih baik.

"Kami memiliki keunggulan dari segi arsitektur, brand, dan proses fabrikasi. Tak ada produsen lain yang mampu menerapkan peningkatan ini," imbuh Eul, sambil menambahkan bahwa prosesor dual-core dari Intel bisa berjalan sama cepatnya dengan produk quad-core dari pesaing.

Bay Trail

Adapun Bay Trail yang akan ditanam di produk-produk tablet dijadwalkan sudah mulai beredar pada kuartal keempat 2013. Prosesor ini dijanjikan bakal memberi peningkatan performa hingga 2 kali lipat dibandingkan pendahulunya, serta mendukung sistem operasi Windows 8.1 dan Android.

Bay Trail akan menggantikan Clover Trail yang antara lain dipakai pada smartphone Lenovo K900 dan Galaxy Tab 3 dari Samsung (Atom 2560) yang kehadirannya baru diumumkan oleh Intel.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Computex 2013

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com