Kompas.com - 07/06/2013, 16:23 WIB
EditorReza Wahyudi

oik yusuf/ kompas.com

TAIPEI, KOMPAS.com - Dunia gadget mobile yang berkembang sangat cepat menuntut para pemain yang terlibat di dalamnya mengikuti laju teknologi agar tidak tertinggal kompetisi.

Tak terkecuali Intel yang pada ajang Computex 2013 di Taiwan mengumumkan jadwal kedatangan prosesor-prosesor gadget generasi berikutnya.

Mulai tahun depan, Intel akan mengandalkan arsitektur "Silvermont" dengan teknologi fabrikasi 22nm yang akan terwujud dalam bentuk prosesor "Bay Trail" untuk tablet dan "Merrifield" yang ditujukan untuk smartphone. Kedua prosesor akan mengusung nama Atom yang selama ini memang digunakan Intel untuk SoC gadget buatan Intel.

Pada awal 2014, perangkat smartphone pertama dengan prosesor Merrifield" disebut sudah akan mulai beredar di pasaran.

"Pengirimannya ke konsumen akan start mulai akhir tahun ini," ujar General Manager Mobile and Communications Group Intel Hermal Eul dalam acara "Intel Inside Mobile" di Hotel Grand Hyatt Taipei, Rabu (5/6/2013), seperti dilaporkan wartawan KompasTekno Oik Yusuf.

Merrifield

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan arsitektur Silvermont, Intel mengklaim Merrifield akan memberikan peningkatan performa smartphone hingga 50 persen dibandingkan prosesor generasi sebelumnya, di samping daya tahan baterai yang lebih lama dan kemampuan kamera yang lebih baik.

"Kami memiliki keunggulan dari segi arsitektur, brand, dan proses fabrikasi. Tak ada produsen lain yang mampu menerapkan peningkatan ini," imbuh Eul, sambil menambahkan bahwa prosesor dual-core dari Intel bisa berjalan sama cepatnya dengan produk quad-core dari pesaing.

Bay Trail

Adapun Bay Trail yang akan ditanam di produk-produk tablet dijadwalkan sudah mulai beredar pada kuartal keempat 2013. Prosesor ini dijanjikan bakal memberi peningkatan performa hingga 2 kali lipat dibandingkan pendahulunya, serta mendukung sistem operasi Windows 8.1 dan Android.

Bay Trail akan menggantikan Clover Trail yang antara lain dipakai pada smartphone Lenovo K900 dan Galaxy Tab 3 dari Samsung (Atom 2560) yang kehadirannya baru diumumkan oleh Intel.

Ikuti perkembangan berita ini di topik:
Computex 2013

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.