Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Tablet 8 Inci Pertama dengan Windows 8

Kompas.com - 08/06/2013, 16:13 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Tablet ringkas berukuran 7-8 inci terbukti populer dengan model-model seperti Google Nexus 7, Amazon Kindle Fire, dan Apple iPad Mini yang laku keras. Namun, selama ini pilihan yang tersedia baru dari platform Android dan iOS.

Nah, tablet berbasis Windows rupanya tak mau berlama-lama tertinggal trend. Pada ajang pameran Computex 2013 di Taiwan beberapa hari lalu, Acer menjadi produsen gadget pertama yang memiliki tablet Windows 8 berukuran 8 inci dalam bentuk Iconia W3

Menariknya, Iconia W3 yang memiliki bentang layar 8,1 inci dibekali dengan Windows 8 versi desktop, bukan RT, sehingga mampu menjalankan aplikasi-aplikasi Windows standar. Seperti apakah perangkat ini? Berikut ulasan singkatnya dari tinjauan wartawan KompasTekno Oik Yusuf di lokasi pameran.

Ringan dan tipis

Daya tarik utama Iconia W3 tentu saja terletak pada ukurannya yang lebih mungil dibandingkan perangkat-perangkat tablet Windows 8 lainnya yang rata-rata mengusung ukuran layar 8 inci.

acer_w3-13
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Ukuran tersebut agaknya memberikan kompromi yang pas dari segi kenyamanan pakai dan usability. Dengan bobot 540 gram, Iconia W3 dapat dengan mudah dipegang dengan satu tangan tanpa cepat membuat pegal.

Ketebalan Iconia W3 yang sedikit di bawah 12 mm mungkin membuatnya tak selangsing perangkat-perangkat sejenis seperti iPad Mini, tetapi kekurangan ini dibayar dengan deretan port input/ output yang relatif lengkap untuk ukuran sebuah tablet ringkas.

acer_w3-10
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Seperti terlihat pada gambar di bawah, Iconia W3 memiliki port keluaran HDMI dan konektor USB untuk menancapkan berbagai macam perangkat seperti storage eksternal.

acer_w3-12
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Iconia W3 dibekali dengan memori internal 32GB atau 64 GB. Pengguna masih dapat menambah jumlah tersebut melalui slot micro-SD card yang juga disediakan.

Dari segi kualitas material, bahan plastik yang dipakai Acer untuk tablet ini terasa cukup kokoh, meski tak memberi kesan mewah seperti material logam aluminium pada beberapa tablet jenis tertentu.

Daya tarik lainnya dari Iconia W3 adalah sistem operasi yang digunakan, di mana Acer memilih Windows 8 versi desktop sehingga tablet ini mampu menjalankan aplikasi-aplikasi Windows standar, tak seperti Windows RT yang digunakan pada beberapa tablet berbasis ARM. Tampilan desktop Windows pun bisa diakses pada tablet ini.

acer_w3-1
(Gambar: Oik Yusuf/ Kompas.com)

Dengan prosesor Z2760 (Clover Trail) dan RAM 2GB, kinerjanya pun bisa diandalkan, setidaknya untuk aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu menuntut sumberdaya ekstra. Untuk software kantoran dan browsing internet, performa Iconia W3 sudah lebih dari cukup.

Sayang, tampilan layarnya terlihat kurang bagus. Di samping sudut memandang yang tak terlalu luas (warna sedkit berubah ketika pengguna mengubah sudut pandang) dan permukaan glossy, layar Iconia W3 cenderung terasa seperti tablet low-end daripada perangkat premium dengan kontras dan saturasi yang tampak rendah.

Di samping itu, ukuran ringkas perangkat ini juga berdampak pada icon aplikasi dan tampilan sistem operasi secara keseluruhan yang terlihat lebih kecil dibandingkan tablet 10 inci sehingga sedikit menyulitkan navigasi, setidaknya pada lingkungan desktop Windows.

Keyboard "full-size"

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com