Analis: Jam Tangan Apple Tinggal Tunggu Aba-aba

Kompas.com - 10/06/2013, 09:26 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Rekaan jam tangan pintar Apple

KOMPAS.com — Para konsumen dikabarkan sudah dapat melihat jam tangan pintar milik Apple, iWatch, di pasaran pada paruh kedua tahun 2013 ini.

Menurut Glen Yeung, seorang analis dari Citi, para produsen komponen iWatch saat ini sedang menunggu aba-aba dari Apple, apakah mereka sudah bisa memulai produksi atau belum. Kemungkinan besar, Apple akan mengatakan "ya" atau "go" kepada para produsen ini.

"Kami percaya iWatch sedang dalam keadaan siap, dengan para produsen yang sedang menunggu 'lampu hijau' dari Apple," tulis Yeung kepada para investor, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (8/6/2013).

"Kami menduga keputusan 'ya atau tidak' akan dibuat (Apple) pada bulan Juni dan untuk saat itu, mereka akan mengatakan 'ya'," lanjut Yeung.

Sebelumnya, analis lain yang berasal dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo, menganalisis bahwa produk ini tidak akan diluncurkan pada tahun 2013. Ia memprediksi, produk tersebut baru akan diluncurkan pada paruh kedua 2014.

Menurut Kuo, ada dua alasan di balik prediksinya. Pertama adalah masalah software. Para pengembang software Apple saat ini diyakini sedang sibuk mengurusi versi iOS terbaru. Pengembang ini diyakini tidak bisa mengembangkan dua produk sistem operasi sekaligus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasan lainnya, komponen untuk iWatch ini masih belum terlalu siap. Hal ini memaksa Apple untuk menunda produksi produk tersebut hingga tahun depan.

Mana analisis yang paling benar? Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.