Kompas.com - 10/06/2013, 16:00 WIB
EditorReza Wahyudi

oik yusuf/ kompas.com Model memeragakan dua perangkat notebook "2-in-1"

KOMPAS.com - Prosesor Core Generasi ke-4 atau "Haswell" yang diluncurkan oleh Intel pada ajang Computex 2013 minggu lalu diharapkan dapat membawa angin segar pada industri PC yang terus menerus mengalami penurunan atau biasa disebut Post-PC era alias "Kiamat PC".

Namun, Citi Research justru berpendapat sebaliknya. Firma riset ini bahkan memangkas prediksi pertumbuhan negatif industri PC lebih jauh dari minus empat persen menjadi minus 10 persen pada 2013 setelah kemunculan prosesor andalan baru dari Intel itu.

"Kami memperkirakan pasar PC tak akan mengalami pertumbuhan karena permintaan yang menurun dan tidak adanya dorongan dari Haswell dan Windows Blue (Windows 8.1)," tulis Citi dalam laporan yang dikutip oleh Cnet. Dengan kata lain, Haswell (dan Windows 8.1) diprediksi tak bisa berbuat banyak untuk membantu industri PC.

Lebih lanjut, Citi mengatakan tak melihat "katalisator yang berarti" dalam event perkenalan Haswell di Computex yang berfokus pada komputer convertible (2-in-1) dan Ultrabook high-end. "Produk-produk ini menyasar pasar premium. Kami juga berpendapat bahwa investor akan kecewa karena laptop touch-screen berharga tergangkau (di bawah 600 dollar AS) baru akan tersedia pada kuartal 4 2013."

Citi juga merevisi perkiraan situasi industri PC pada 2014-2015. "Sebelumnya kami memperkirakan pertumbuhan year-on-year kurang lebih dua persen, tapi kini diprediksi bakal terjadi kanibalisasi oleh tablet."

Angka pengkapalan perangkat tablet diprediksi bakal meledak pada 2013, menurut Global PC Shipment Forecast dari Citi. Tablet disebut bakal terkirim sebanyak 237 juta unit, berbanding 144 juta pada 2012.

Dalam kurun waktu yang sama, shipment PC desktop diperkirakan turun dari 201 juta pada 2012 menjadi 179 juta unit, sementara notebook diprediksi turun dari 148 juta unit menjadi 137 juta unit. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.